28 Nov 2011
  Humas Berita,

Pansus DPRD Provinsi Kepualuan Babel Kunker Ke Pemprov DIY

Pansus DPRD Provinsi Kepualuan Babel Kunker Ke Pemprov DIY

KEPATIHAN YOGYAKARTA (25/11/2011) pemda-diy.go.id Asisten Administrasi Umum Sekdaprov DIY, Drs. Sigit Sapto Rahardjo, MM, menerima Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinisi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Ndalem Ageng Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (25/11).

Kunjungan kerja Pansus DPRD Provinsi Kepulauan Babel ke Pemprov DIY dalam rangka menimba ilmu khususnya bidang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dimana Provinsi DIY sudah memiliki Undang Undang sekaligus Peraturan Daerahnya.

RTRW sangat penting. Di Provinsi Kepulauan Babel saat ini baru memulai membuat draf, sedang di Provinsi DIY sudah memiliki UU sekaligus Perdanya. Maka kami ke Pemprov DIY untuk menimba ilmu tentang RTRW tersebut, kata Ketua Pansus Didit Srigusjaya, SH.

Sementara dalam sambutan penerimaan tertulisnya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X antara lain mengatakan, RTRW merupakan hal fundamental bagi kelangsungan hidup sebuah wilayah, sebab menjadi acuan bagi sektor-sektor lain dalam menyelenggarakan kegiatan. Percepatan penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang RTRW di Provinsi DIY bukan untuk kepentingan suatu sektor saja, namun untuk keadilan dan kesejahteraan seluruh masyarakat. Karenanya, RTRW Keanekaragaman Ekosistem DIY perlu dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan, dalam rangka mewujudkan masyarakat DIY yang adil dan makmur, serta bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penataan ruang merupakan suatu sistem proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian ruang. Ketiga tahapan itu sangat penting guna menyelesaikan tahapan berikutnya dengan sistematis, struktur, dan berkelanjutan, imbuhnya.

Menurut Sultan, RTRW memang sangat penting bagi Provinsi DIY, pasalnya DIY selain memiliki potensi keanekaragaman juga keterbatasan sumber daya alamnya. Sehingga pemanfaat lahan yang ada harus memperhatikan dan mempertimbangkan azas terpadu, tertib, seimbang dan lestari.

Usai diterima secara resmi, acara dilanjutkan dialog dengan SKPD terkait sebagai bahan masukan bagi Pansus. (ara/)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: