23 Jun 2022

Paskibraka DIY Siap Ikuti Pelatnas

Yogyakarta (23/06/2022) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap Paskibraka DIY mampu memanfaatkan kesempatan bertugas di tingkat nasional dengan sebaik-baiknya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga (Dikpora) DIY, Didik Wardaya, usai bertemu dengan Sri Sultan pada Kamis (23/06) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Ini kesempatan yang sangat baik dan tidak semua siswa bisa mendapatkan kesempatan ini, untuk bisa digunakan semaksimal mungkin, karena ini adalah siswa-siswa terpilih,” ungkap Didik. Sri Sultan juga berpesan bagi Paskibraka DIY untuk terus menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri karena akan bertemu dengan Paskibraka dari seluruh Indonesia.

Didik menyampaikan bahwa kunjungan Paskibraka DIY ini adalah untuk berpamitan sebelum berangkat mengikuti pelatihan di Jakarta. Sebanyak dua orang siswa akan berangkat pada 16 Juli 2022 mewakili DIY sebagai pengibar bendera pusaka pada 17 Agustus 2022. Nantinya, usai melalui karantina selama dua hari, pelatihan akan resmi dimulai pada 18 Juli 2022 di Cibubur, Jakarta Timur. Sementara itu, sebanyak 38 siswa akan bertugas sebagai pengibar bendera di tingkat provinsi.

Persiapan kesehatan fisik dan mental merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas bagi Paskibraka DIY. “Memang yang harus dijaga adalah kesehatan, mental, dan juga mereka harus meninggalkan keluarga. Penguatan supaya mereka tidak homesick,” terang Didik.

Ghania Taufiqa Salma Wibawa, salah satu perwakilan Paskibraka DIY dari Kota Yogyakarta, menyampaikan kesannya, “Tadi bertemu bapak Gubernur rasanya sangat nervous dan sangat bangga dikarenakan bisa mewakili teman-teman lainnya untuk bertemu bapak Gubernur. Lalu kami juga diberi wejangan-wejangan untuk yang akan kami bawa, yang akan kami representasikan pada saat di nasional nanti.”

Salma juga menyebutkan bahwa ia terpilih sebagai Paskibraka DIY setelah mengikuti seleksi di sekolah, seleksi tingkat kabupaten/kota, dan seleksi tingkat provinsi pada 10-13 Mei lalu. Ia dan perwakilan DIY lainnya akan segera berangkat ke Jakarta setelah mengikuti pembinaan di daerah. (sf)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: