29 Des 2022

Pejabat Fungsional Harus Mampu Bersinergi

Yogyakarta (29/12/2022) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah DIY melantik dan mengambil sumpah 70 PNS jabatan fungsional pada Kamis (29/12). Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji sebagai pejabat yang melantik berpesan agar para pengampu jabatan fungsional di lingkungan Pemda DIY ini mampu dan mau menyinergikan semua aktivitas kinerjanya dengan program OPD di mana mereka berada.

Hal ini disampaikan Aji dalam sambutannya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional di Bangsal Wiyata Praja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Menurut Aji, dengan kebijakan pemerintah yang semakin hari semakin banyak jabatan fungsional di lingkungan Pemda DIY, tentu ada upaya-upaya yang harus dilakukan.

“Upaya ini dalam rangka untuk menyinergikan di antara para pejabat fungsional agar kinerjanya bisa lebih optimal. Dan perlu diingat, jabatan fungsional berbeda karakteristik dengan jabatan struktural. Jabatan fungsional lebih dituntut kepada kemandirian untuk melaksanakan tugas, namun kemandirian ini tentu tidak boleh lepas dari kesatuan yang lainnya,” jelasnya.

Aji mengatakan, karakteristik jabatan struktural yakni berada dalam satu komando dari jenjang satu ke jenjang selanjutnya. Tentu hal ini berbeda dengan jabatan fungsional, sehingga menjadi tugas pimpinan masing-masing OPD untuk bisa menyatukan langkah, persepsi, dan menyatukan gerak para pejabat fungsional di instansinya masing-masing.

“Saya mohon kepada para pejabat fungsional terlantik agar bisa bekerja sama dan mau sama-sama bekerja. Jabatan fungsional yang bisa bersinergi tentu akan membuat kinerjanya maupun OPD-nya menjadi semakin optimal. Para pengampu jabatan fungsional ini juga harus bisa memberikan inovasi-inovasi bagi OPD-nya masing-masing,” imbuhnya.

Terkait agenda pelantikan, Aji menganggap kegiatan ini wajib dilakukan dalam rangka melengkapi dan juga memenuhi tuntutan pekerjaan dan tuntutan pengisian jabatan di Pemda DIY. Menurutnya, momentum pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan adalah agenda penting dalam pembangunan.

“Agenda ini juga sekaligus bisa menjadi sarana proses kaderisasi sumber daya manusia di masing-masing OPD di lingkungan Pemda DIY. Setelah ini tentu Bapak/Ibu sekalian punya kewenangan, hak, serta punya tanggung jawab masing-masing sesuai dengan jabatan yang diemban sekarang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani mengatakan, pada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional kali ini, terdapat 70 PNS yang dilantik dan diambil sumpahnya. Mereka berasal dari 17 OPD di lingkungan Pemda DIY.

“JIka dari jenis jabatan fungsionalmya, 70 PNS yang dilantik saat ini ada di 25 jenis jabatan fungsional, di mana yang terbanyak adalah guru, ada 18 orang. Untuk jenis pengangkatannya ada jabatan fungsional pertama, inpassing, promosi kenaikan jabatan fungsional utama, dan penyesuaian jabatan fungsional penyetaraan,” paparnya. (Rt/Th)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: