23 Jun 2018
  Humas Berita,

Lantik Pengurus, Ingatkan Lansia Jangan Nganggur

Yogyakarta (23/06/2018) jogjaprov.go.id – Berdasarkan Keputusan Nomor 26/KEP/2018, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik  33 orang pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia DIY Periode 2018 – 2021 di Kraton Kilen, Sabtu (23/6).

Gubernur berpesan dan berharap pengurus dapat menjalankan tanggung jawab dengan baik, dapat berkoordinasi dan bekerjasama dengan dinas/lembaga terkait. Di samping itu, Gubernur juga berpesan untuk dapat mengoptimalkan terus pikiran dan tenaga yang ada sekarang ini agar tetap sehat dan bisa berfikir secara jernih.

“Diusahakan untuk tidak nganggur, setiap hari melakukan aktivitas walaupun hanya sekadar membersihkan rumah, agar apa yang kita miliki sekarang tetap terjaga kesehatannya,” wejang Gubernur.

Gubernur bercerita kunjungan delegasi Jepang ke Gedhong Wilis pada Jumat 22/6) yang membicarakan kerjasama terkait pemberangkatan tenaga kerja dari DIY ke Jepang. Gubernur menyebut Jepang menyukai tenaga dari DIY karena umumnya sabar menangani lansia di Negeri Matahari Terbit itu. 

Usai pelantikan, Gubernur membuka sesi obrolan santai.  Berbagai macam hal dibahas dengan saling bertukar infomasi terkait dengan pengurus dan juga kehidupan lansia yang semestinya tetap bekerja walaupun sudah berumur pikiran dan tenaga tetap sehat. Umur bukanlah halangan untuk menjadi produktif atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Gubernur  juga memberi arahan agar lansia tetap dapat saling membantu sesama.

Pelantikan dihadiri juga oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos RI Drs Andi Hanindito MSi. Andi mengungkapkan rasa senangnya karena Gusti Kanjeng Ratu Hemas berkenan menjadi Ketua Umum. Ia yakin persoalan lansia yang ada di DI Yogyakarta bisa tertangani dengan baik.

“Yogyakarta merupakan nomor 1 tentang lanjut usianya, nomor 1 umur harapan hidup, nomor 1 untuk penanganan lansia, nomor 1 untuk organisasinya. Dengan adanya predikat itu, Yogyakarta dapat menjadi contoh untuk daerah lain,” ungkapnya.

Pengurus Komda Lanjut Usia DIY ada di bawah lindungan Gubernur DIY HB X dengan penasihat Wakil Gubernur DIY Paku Alam X.  Ketua Umum Gusti dijabat Kanjeng Ratu Hemas. Bertindak selaku ketua adalah Suripto SH MSi.  Setelah pelantikan, acara dilanjutkan Syawalan bersama organisasi-organisasi yang berada di bawah naungan Gusti Kanjeng Ratu Hemas. (Af)

Bagaimana kualitas berita ini: