25 Jul 2024

Pelestarian Budaya Bagian dari Ketahanan Nasional

Yogyakarta (25/07/2024) jogjaprov.go.id - DIY akan menjadi lokasi pelaksanaan Semarak Dirgantara 2024, agenda rutin tahunan dari TNI AU dalam upaya pelestarian kebudayaan Indonesia. Untuk itu, Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Angkatan Udara (AU), Marsekal Muda TNI Andi Wijaya bertemu Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Kamis (25/07) guna meminta izin penyelenggaraan kegiatan ini.

“Beliau (Sri Sultan) sangat mendukung kegiatan budaya ini. Dan kami tentu juga ingin berperan aktif dalam pembanguan dan pemeliharaan budaya nasional, karena budaya juga menjadi bagian dari ketahanan nasional,” ungkap Andi usai pertemuan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Andi mengungkapkan, Semarak Dirgantara 2024 akan diadakan pada 28-29 September 2024 mendatang di Pantai Depok, Bantul. Dalam dua hari, akan banyak penampilan budaya Jogja maupun budaya milik TNI AU, serta beragam atraksi kedirgantaraan. Kegiatan kepramukaan juga akan turut serta memeriahkan Semarak Dirgantara 2024.

“Salah satu pertunjukan budaya yang akan diadakan adalah kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan orkestra milik TNI AU. Selain itu, akan dilakukan pula seminar yang juga bersifat budaya, serta atraksi dari drumband Gita Dirgantara,” imbuhnya.

Andi menambahkan, selain kegiatan budaya, akan ditampilkan pula beragam atraksi kedirgantaraan, seperti Demo Udara Jupiter Aerobatic Team, fly pass pesawat tempur, static show, terjun payung, dan masih banyak lagi. TNI AU pun akan menggelar launching Semarak Dirgantara 2024 pada 30 Juli 2024 mendatang.

“Beliau (Sri Sultan) sudah menyanggupi untuk bisa hadir saat launching dan pembukaan Semarak Dirgantara 2024 nantinya. Pada acara seminar dan talkshow, beliau juga bersedia menjadi pembicara kunci,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Semarak Dirgantara merupakan kegiatan pembinaan potensi dirgantara oleh TNI AU dalam rangka membantu pemerintah daerah meningkatkan potensi wilayah untuk kesejahteraan masyarakat dan setiap tahunnya digelar dengan lokasi yang berbeda. (Rt/Yd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: