10 Agt 2022

Pembangunan Selatan DIY Dapat Dukungan Penuh

Yogyakarta (10/08/2022) jogjaprov.go.id - Salah satu poin penting dalam visi-misi dan program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 adalah pembangunan perekonomian bagian selatan DIY. Hal ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

Ditemui usai Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 di Gedung DPRD DIY, Halim mengatakan, pihaknya menyambut baik dan sangat bersyukur bahwa visi-misi Gubernur DIY periode 2022-2027 mengarahkan pembangunan di selatan DIY. Dalam hal ini, Kabupaten Bantul masuk di dalam wilayah selatan DIY.
“Dengan Bantul ada di dalamnya (wilayah selatan) dan dengan mengusung among tani gagang layar, DIY menghadap ke selatan, berarti prioritas kepada sektor kelautan, perikanan, dan pertanian itu akan lebih ditekankan. Karenanya Pemerintah Kabupaten Bantul dan masyarakat Bantul menyambut baik hal ini,” ungkapnya.
Halim juga mengajak semua pihak untuk mendukung program pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk lima tahun mendatang. Ia berharap, mudah-mudahan program yang akan dijalankan ini mampu membawa DIY maupun Kabupaten Bantul menjadi daerah yang makmur, sejahtera dan mampu menekan angka kemiskinan.


Terpisah, Wakil Kapolda DIY, Brigjen Pol. Slamet Santoso mengatakan, Polda DIY mendukung visi-misi dan program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 yang telah dipaparkan pada Senin (08/08) lalu. Menurutnya, Polda DIY sendiri dapat ikut berperan, utamanya di visi-misi yang berkaitan dengan peningkatan inovasi dan pengembangan teknologi informasi.
“Di sini sesuai dengan komando Bapak Kapolda DIY bahwa Polda DIY dan jajaran selalu mendukung itu (inovasi teknologi informasi) dengan pengembangan atau mengoptimalisasi keberadaan command center dan inovasi-inovasi lainnya dari Polda DIY,” imbuhnya.


Sementara itu, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Harso Hutomo mengungkapkan, visi-misi dan program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 telah menjadi perhatian penting bagi Bank Indonesia untuk terus mengembangkan beberapa komitmen dari Pemda DIY tersebut. Dukungan dari Bank Indonesia pun akan diberikan agar visi-misi bisa tercapai.
“Dukungan yang bisa kami berikan antara lain pembangunan kluster-kluster untuk subsisten misalnya, kemudian pembangunan kawasan wisata, upaya digitalisasi onboarding juga bagian dari perhatian Bank Indonesia,” imbuhnya.
Terkait tanggapan fraksi-fraksi DPRD DIY yang disampaikan sebelum penetapan, Harso menyimpulkan ada beberapa konsep mendongkrak perekonomian masyarakat DIY, salah satunya mengenai penguatan di sisi pariwisata. Menurutnya hal ini perlu didukung karena sektor pariwisata juga merupakan motor penggerak perekonomian Yogyakarta.
“Hal ini bisa jadi satu bagian yang bisa kolaborasikan dan ini juga dapat disinergikan dengan stakeholder yang lain. Dan melihat dari visi-misi yang disampaikan, kami optimis bahwa pertumbuhan (eekonomi DIY) yang kami proyeksikan di sekitar angka 4,9%-5,7% dapat tercapai,” ungkapnya. (Rt)
HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: