22 Des 2022

Pemda DIY Apresiasi Para Juara Festival Keagamaan Tingkat Nasional

Yogyakarta (22/12/2022) jogjaprov.go.id – Pemda DIY melalui Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY memberikan penghargaan kepada para pemenang kompetisi keagamaan tingkat nasional. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemda DIY kepada para juara dan pembina/pelatih bidang keagamaan yang berprestasi di tingkat nasional tahun 2022.

Pemberian penghargaan dilakukan pada Kamis (22/12) di Ruang Wisanggeni Unit VII, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan keputusan Gubernur DIY Nomor 358/KEP/2022 tentang Penetapan Penerima dan Besaran Penghargaan Prestasi bagi Juara dan Pembina/Pelatih Bidang Keagamaan Tahun 2022.

Penyerahan penghargaan prestasi bidang keagamaan tingkat nasional tahun 2022 diberikan oleh Kepala Biro Bina Mental Spiritual, Djarot Margiantoro. Turut hadir mendampingi Pembimas Kristen Kanwil Kemenag DIY, Sri Gunarti Sabdaningrum dan Kabag Kebijakan Bina Mental dan Sarana Keagamaan Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Eko Susilo.

Djarot mengungkapkan, acara hari ini dirancang sekaligus dilaksanakan tidak lain untuk memberikan motivasi dan apresiasi atau penghargaan atas kesertaan sekaligus prestasi menjadi juara peringkat 1, 2, dan 3 dalam mengikuti festival keagamaan tingkat nasional. Beberapa festival yang telah diikuti di antaranya, Pesta Paduan Suara Gerejawi Nasional ke-13 tahun 2022 yang diselenggarakan pada Juni 2022, MTQ ke-29 dilaksanakan di Kalimantan Selatan pada Oktober 2022, dan Pesta Paduan Suara Gerejani dilaksanakan di Kupang, NTT pada penghujung Oktober 2022 sampai awal November 2022.

“Dengan dedikasi, sumbangsih atau kontribusi kesungguh-sungguhan, semangat dan juga perjuangan tidak kenal lelah dan tidak mengenal kata kalah, Tuhan Yang Maha Kuasa memberi kita semua prestasi yang membanggakan,” ungkap Djarot.

Lebih lanjut, Djarot mengungkapkan, walaupun ada sebagian keikutsertaan yang belum mencapai prestasi juara di tingkat nasional, akan tetapi ini tidak membuat peserta bersedih atau berkecil hati. Karena di samping waktu masih ada, memurut Djarot, perjuangan belum mencapai tekad yang purna.

"Setiap apa yang dilakukan, apapun hasilnya, dengan niat yang tulus ikhlas akan membawa kebermanfaatan bagi sekitar. Menjadi juara juga merupakan sesuatu yang harus disyukuri,” pesan Djarot.

Mewakili Pemda DIY, Djarot menyampaikan rasa terima kasih setinggi-tingginya atas peran masing-masing dari lembaga pengembangan festival dan juga para pelatih/pendamping, para official, serta pihak-pihak yang telah berkontribusi. "Kita semua sesungguhnya adalah pahlawan walaupun tanpa tepuk tangan. Para penerima penghargaan saya ucapkan selamat, mudah-mudahan bisa menjadi bermanfaat,” tegas Djarot.

Sebagai informasi, para penerima penghargaan prestasi bagi juara dan pembina/pelatih pada Pesprawi Nasional ke-13 di DIY tahun 2022, ialah golongan lomba solo anak 7-9 tahun, kategori perseorangan peringkat 3 nasional dengan besaran penghargaan Rp13juta. Selanjutnya, golongan lomba solo anak 10-13 tahun, kategori perseorangan peringkat 1 nasional dengan besaran penghargaan Rp30juta. Golongan lomba solo remaja putra, kategori perseorangan, peringkat 1 nasional dengan besaran penghargaan Rp30juta. Golongan lomba solo remaja putri, kategori perseorangan, peringkat 1 nasional dengan besaran penghargaan Rp30juta. Golongan lomba vokal grup, kategori beregu lebih dari 10 orang, peringkat 2 nasional dengan besaran penghargaan Rp40juta. Golongan lomba musik pop gereja, kategori beregu lebih dari 10 orang, peringkat 2 nasional dengan besaran penghargaan Rp40juta.

Besaran penghargaan bagi pembina/pelatih masing-masing mendapatkan Rp5juta golongan lomba solo anak 7-9 tahun. Golongan lomba solo anak 10-13 tahun, lomba solo remaja putra dan putri mendapatkan besaran penghargaan Rp14juta. Golongan lomba vokal grup beregu dan musik pop gereja beregu mendapatkan besaran penghargaan Rp8juta.

Penerima penghargaan prestasi bagi juara dan pembina/pelatih pada MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan tahun 2022 ialah golongan lomba kath kontemporer putri kategori perseorangan peringkat 3 nasional, dengan besaran penghargaan Rp13juta. Sedangkan besaran penghargaan yang diterima oleh pembina/pelatih sebesar Rp5juta.

Penerima penghargaan prestasi bagi juara dan pembina/pelatih pada Pesparani Nasional 2 di Kupang, NTT Tahun 2022 ialah golongan lomba Cerdas Cermat Rohani Remaja kategori beregu 2-5 orang peringkat 2 nasional, besaran penghargaan Rp20juta. Sedangkan besaran penghargaan yang diterima oleh pembina/pelatih sebesar Rp8juta. (lt/il/sis)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: