15 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

Pemda DIY Dukung Penuh Revitalisasi Bahasa Daerah

Yogyakarta (15/08/2022) jogjaprov.go.id – Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mendukung penuh dan siap bersinergi dengan Balai Bahasa Provinsi DIY terkait pelaksanaan program Revitalisasi Bahasa Daerah. Melalui pelaksanaan program tersebut diharapkan Bahasa Jawa bisa kuncoro lan ngremboko dari Yogyakarta dan menjadi magnet tersendiri untuk Indonesia bahkan dunia.

Kepala Balai Bahasa Provinsi DIY, Dwi Pratiwi mengutarakan hal demikian saat ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (15/08) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Hadir pula mendamping Sri Sultan pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji dan Kepala Bappeda DIY, Beny Suharsono.

“Saya hadir sowan ke Ngarsa Dalem dalam rangka mohon arahan terkait program yang ada di Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terkait program revitalisasi bahasa daerah. Pada prinsipnya Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ingin mensupport atau bersinergi dengan Pemda atau Pemprov yang ada di provinsi," ujar Dwi.

Dwi menyebutkan bahwa program revitalisasi bahasa daerah ini sudah seharusnya disinergikan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Oleh karena itu, sebagai pihak yang memfasilitasi pelaksanaan program revitalisasi bahasa daerah tersebut, Dwi mengatakan tentu pihaknya tidak dapat menjalankannya sendiri, melainkan juga memerlukan dukungan penuh dari pemerintah daerah.

“Kalau pemerintah pusat itu fungsinya untuk pembinaan fasilitasi, kalau existing pelaksanaan itu ada di pemerintah daerah. Jadi kami memfasilitasi, kegiatan revitalisasi bahasa daerah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta itu bisa diperkuat dari aspek apa dari Balai Bahasa ini? Memang program kami tidak bisa berdiri sendiri dan kami tentunya memerlukan dukungan penuh dari pemerintah daerah. Alhamdulillah Ngarsa Dalem sangat mendukung program ini,” jelas Dwi.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan, untuk mendukung fasilitasi pelaksanaan program tersebut, Balai Bahasa Provinsi DIY sendiri mempunyai banyak produk-produk karya unggulan. Mulai dari Tata Bahasa Jawa Mutakhir, Pedoman Ejaan Bahasa Jawa Berhuruf Latin, Kamus Sastra Jawa, Kamus Bahasa Jawa-Indonesia hingga lainnya. “Nah, yang sedang kami koordinasikan dengan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta itu terkait penyusunan Ensiklopedia Bahasa Jawa," kata Dwi.

Adapun, terkait arahan dari Sri Sultan terhadap pelaksanaan program revitalisasi bahasa daerah tersebut, Dwi menyampaikan bahwa pihaknya diminta untuk segera melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, terutama Bappeda DIY. Selain itu, pihaknya juga harus berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan DIY serta dinas terkait lainnya. “Dan dalam waktu dekat kami akan melakukan diskusi bersama untuk menyelesaikan apa yang sudah disampaikan atau arahan dari Ngarsa Dalem tadi," tutup Dwi. (Han/Sd/Tfk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: