10 Sep 2024
  Humas DIY Berita,

Pemda DIY Dukung Setiap Inisiatif Knowledge Transfer

Yogyakarta (10/09/2024) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah DIY menyambut dengan hangat setiap inisiatif knowledge transfer, berbagi pengetahuan, dan saling belajar dari para tamu. Ini membuat semakin sadar pentingnya transformasi institusi pemerintah menjadi learning organization, guna mencapai peradaban yang lebih berkualitas dan sejahtera.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono saat membacakan sambutan Gubernur DIY dalam acara Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) BPSDM Provinsi DKI Jakarta di Ruang Wisanggeni, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (10/09).

Beny menyampaikan, reformasi birokrasi melalui pembaruan tata pemerintahan bertujuan untuk mencapai pelayanan publik yang terpadu dan efektif. Melalui filosofi Hamemayu Hayuning Bawana, Pemda DIY berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan pemerintah yang andal, efisien, dan transparan, dalam suasana kehidupan yang aman dan tentram dalam kerangka otonomi daerah.

“Setiap kegiatan di Pemerintah Daerah DIY dilaksanakan secara terarah dan terukur, termasuk dalam pembinaan dan pengawasan yang sesuai dengan ketentuan SAKIP. Berkat upaya ini, Pemda DIY berhasil meraih nilai AA dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan secara berturut-turut sejak 2018 dari Kementerian PAN dan RB RI,” ungkap Beny.

Praktik good governance yang diterapkan oleh Pemda DIY telah menarik perhatian berbagai institusi pemerintah, baik dari Kementerian, Lembaga, maupun Pemerintah Daerah lain di Indonesia, yang datang untuk mempelajari dan mengadopsi praktik ini. Beny mengatakan, hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu, Kepala BPSDM DKI Jakarta, Maria Qibtya menyampaikan, maksud dan tujuan dari adanya studi lapangan ini adalah sebagai tahapan pelatihan struktural kepemimpinan bagi peserta PKP. Studi lapangan ini nantinya akan berlangsung selama 4 hari, mulai dari tanggal 10-14 September 2024.

“Peserta PKP ini berjumlah 92 orang, yang mewakili dari berbagai OPD. Kami sangat senang dapat hadir dan berkunjung disini, dan tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada Pemda DIY atas penerimaan kami,” ucap Maria.

Nantinya para peserta PKP ini akan berkunjung ke DPAD DIY, Dinas Koperasi dan UKM DIY, Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta. Maria mengatakan, dengan adanya kunjungan tersebut, para peserta dapat mempelajari berbagai keunggulan dan kesuksesan yang telah dicapai.

“Kami berharap, nanti bisa untuk diadopsi dan diadaptasi oleh kami. Kami pun berharap, hasilnya dapat dijadikan sebagai pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan dan inovasi dalam pengelolaan kinerja organisasi yang terus menerus akan dikembangkan Pemprov DKI Jakarta,” kata Maria. (ham/sd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: