10 Des 2023

Pemda DIY Kembali Diakui Jadi Pembina Daerah Peduli HAM

Jakarta (10/12/2023) jogjaprov.go.id - Kementerian Hukum dan HAM RI kembali menobatkan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY sebagai pembina daerah peduli HAM yang berhasil. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-75, Minggu (10/12) malam.

Mewakili Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X hadir di Lapangan Banteng, Jakarta guna menerima penghargaan. Penghargaan ini diberikan karena Pemda DIY dinilai telah berhasil membina dan membangun sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota Peduli HAM untuk tahun 2022.

"Saya mewakili Pemerintah Daerah DIY mengucapkam terima kasih atas penghargaan yang diterima DIY. Kami berkomitmen untuk terus menjunjung tinggi, menghormati, melindungi, memenuhi, dan menegakkan hak asasi manusia di DIY," ungkap Sri Paduka.

Sementara itu dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly mengatakan, peringatan Hari HAM memiliki makna yang mendalam. "Malam ini menjadi momentum bagi kita untuk bersama-sama merefleksikan prinsip-prinsip HAM dan merenungkan perjalanan dari Universal Declaration of Human Rights," ungkapnya.

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-75 mengangkat tema 'Harmoni dalam Keberagaman'. Menurut Yasonna, tema ini sangat relevan dan penting dengan kondisi saat ini. Tema ini mampu menjadi pengingat akan pentingnya mengakui, menghormati, dan merayakan beragaman Indonesia yang berlimpah.

"Mempromosikan keharmonisan dalam keberagaman berarti memerangi diskriminasi, prasangka, intoleransi, dan ketidaksetaraan. Sejalan dengan itu, Kemenkum HAM telah menjalankan sejumlah program di bidang HAM yang menyasar instansi pemerintah maupun pelaku bisnis," imbuhnya.

Yasonna pun mengimbau seluruh pihak agar dapat menjaga keharmonisan dalam keberagaman pandangan politik jelang pemilu serentak 2024. "Pemerintah berkomitmen kuat dalam menyukseskan pemilu serentak yang damai dan mengedepankan nilai-nilai HAM," tegasnya.

Selain Pemda DIY, KememkumHAM RI juga penghargaan yang sama kepada empat provinsi lain, yakni Banten, Bangka Belitung, Jakarta, dan Jawa Tengah. Untuk tingkat kabupaten/kota, KemenkumHAM RI memberikan penghargaan kepada lima kabupaten/kota atas capaian terbaik dalam program Kabupaten/Kota Peduli HAM. Kelimanya adalah Kota Mojokerto, Kabupaten Tapin, Kabupaten Purworejo, Kota Tasikmalaya, dan Kota Jakarta Timur. (Rt/Rd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: