17 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

Peningkatan Ekspor untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat

Yogyakarta (17/08/2022) jogjaprov.go.id – Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri secara daring Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (17/08) sore. Sri Paduka mengikuti upacara dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta bersama Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji beserta jajaran Forkopimda DIY.

Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang berlangsung penuh kekhidmatan tersebut dimulai pukul 16.50 WIB. Adapun HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini mengangkat tema ‘Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat’.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji yang ditemui usai mengikuti Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih secara daring tersebut mengatakan, meskipun sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, kondisi ekonomi di DIY kini perlahan sudah mulai pulih kembali. “Saya kira DIY juga sudah merealisasikan itu dan mengimplementasikan, bagaimana kita tidak terpuruk terlalu lama terhadap pandemi Covid-19 dan kita segera pulih kembali. Itu sudah kita buktikan dengan pertumbuhan ekonomi kita yang begitu pesat,” ujar Aji.

Menurut Aji, untuk bisa ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, selain sektor pariwisata dan pendidikan, kegiatan ekspor DIY perlu ditingkatkan dan harus digenjot. “Saya kira sektor ekspor itu perlu kita tingkatkan di luar pariwisata dan pendidikan. Saya kira ekspor yang harus kita genjot untuk bisa menjadi penopang ekonomi di Jogja," tutur Aji.

Sementara itu, pada Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih kali ini yang diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta tersebut, kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara, yakni Presiden RI, Joko Widodo. Adapun bertindak selaku Komandan Upacara ialah Kolonel Pnb Agni Prayogo, S.E. yang saat ini menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja (Ats). Sementara Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P. yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta dipercayai menjadi Perwira Upacara.

Penurunan bendera negara Sang Merah Putih berhasil dilakukan oleh tim Paskibraka 2022 “Pancasila Sakti”. Ayumi Putri Sasaki, siswa Taruna Bhayangkara, Jawa Timur dipercaya menjadi pembawa bendera Merah Putih.

Tiga anggota Tim Pancasila Sakti lainnya yang bertugas untuk menurunkan berdera, yakni Arnold Steven Sinaga sebagai perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara, Isra Mashel Arifin mewakili Provinsi Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi yang mewakili Provinsi Jawa Tengah. (Han/Sis/Tfk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: