01 Okt 2010
  Humas Berita,

Pensiun, PNS Harus Tetap Produktif

Saat masa jabatannya berakhir nanti, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) diharapkan akan tetap mengisi harinya dengan aktivitas yang produktif yang berguna bagi keluarganya. Salah satunya adalah mengisi masa pensiun dengan berwirausaha.

Untuk itu, Pemkot Yogyakarta melalui PNS Kota Yogyakarta melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) memberikan pelatihan sebagai bekal para pensiunan nanti. Pembekalan yang diberikan sesuai denga minat dan bakat yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kota Yogyakarta, Budiarto menyatakan pembekalan tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 29-30
September 2010 di Ruang Utama Atas Balaikota Yogyakarta.

"Untuk pelatihan wirausaha nantinya diselenggarakan selama tiga hari yang direncanakan pada tanggal 11-13 Oktober 2010 mendata di Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Propinsi DIY di Jalan Janti Wonocatur Yogyakarta," tuturnya.

Nantinya, pelatihan yang akan diberikan meliputi peluang dan kegiatan usaha di masa pensiun, mempersiapkan untuk melaksanakan suatu usaha, pengenalan tantangan dan rintangan dalam melaksanakan suatu usaha, analisa suatu usaha, praktik dan kunjungan lapangan sesuai kelas yang diikuti.

"Akan ada berbagai minat yang ditawarkan seperti membuka rumah makan, agrobisnis seperti memelihara ikan, beternak, bercocok tanam, tanaman hias, dsb," terangnya.

Menurutnya, pembekalan dilakukan untuk menumbuhkan rasa kesiapan para Pegawai Negri Sipil yang akan mengalamai masa pensiun. "Di antaranya juga sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dalam hal prosedur pengurusan TASPEN, meningkatkan pengetahuan dalam menggunakan layanan Asuransi Kesehatan (ASKES) di masa pensiun, memberikan bekal bagi calon pensiun untuk mempersiapkan diri dalam praktek dunia usaha," tambahnya.

Joko Widiyarso - GudegNet

Bagaimana kualitas berita ini: