29 Jun 2023
  Humas DIY Berita,

Penuh Antusiasme Masyarakat, Gunungan Garebeg Besar Pura Pakualaman Tak Tersisa

Yogyakarta (29/06/2023) jogjaprov.go.id – Dalam rangka memperingati Iduladha 1444 H, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat membagikan tujuh buah gunungan yang diarak dan dikawal oleh iring-iringan 10 Bregada Prajurit Keraton dalam gelaran Hajad Dalem Garebeg Besar pada Kamis (29/06). Satu buah gunungan yang diarak dan dikawal oleh dua ekor gajah dan iring-iringan Bregada Prajurit Pura Pakualaman yaitu Dragunder dan Plangkir dalam Garebeg Besar tersebut pun tiba di Pura Pakualaman sekitar pukul 11.45 WIB.

Gunungan yang diantarkan oleh KRT. Wiraguna dan KMT. Puraprojowinoto ini diterima langsung oleh Penghageng Urusan Kapanitran Kadipaten Pakualaman, Ir. KRT. Projo Anggono. Jenis gunungan yang diberikan kepada Pura Pakualaman tersebut yakni Gunungan Kakung. Dalam sambutannya, atas nama KGPAA Paku Alam X, Ir. KRT. Projo Anggono menyampaikan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa serta mengucapkan terima kasih kepada Ngarsa Dalem atas pelaksanaan Garebeg Besar ini.

“Semoga Hajad Dalem menjadi contoh yang baik bagaimana Dalem tetap menjaga tali silaturrahmi dan memberikan perlindungan Dalem untuk kita, juga Dalem Ngayogyakarto Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman, dan juga memberikan Dalem restu seluruh Dalem. Terima kasih banyak sekali lagi,” tutur Ir. KRT. Projo Anggono.

Usai didoakan, masyarakat pun diperkenankan untuk merayah ubarampe gunungan yang berupa hasil bumi dan perwujudan kemakmuran Keraton atau pemberian dari raja kepada rakyatnya ini. Dipenuhi antusiasme masyarakat, ubarampe gunungan tersebut habis tak tersisa kurang dari semenit.

Anti, salah seorang warga yang tinggal di sekitar Pura Pakualaman mengatakan, ini merupakan kali pertamanya mengikuti rayahan ubarampe gunungan. Dirinya tampak senang berhasil mendapatkan ubarampe gunungan sayuran setelah menunggu sejak pukul 10.00 WIB.

Diungkapkan Anti, alasannya mengikuti rayahan ubarampe gunungan ini adalah untuk mencari berkah. “Alhamdulillah dapat. Kalau katanya orang dulu disimpen ya untuk yang ini (ubarampe gunungan sayuran Garebeg Besar). Ya cuma diambil hikmahnya, diambil doanya saja,” ucap Anti. (Han/Aar/Jon)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: