17 Agt 2023
  Humas DIY Berita,

Perayaan Kemerdekaan, Momentum Maju Bersama Hadapi Tantangan Masa Depan

Yogyakarta (17/08/2023) jogjaprov.go.id - Pada momentum peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) kali ini, Gubernur DIY mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk kembali pada persatuan Indonesia. Persatuan yang dijiwai oleh semangat peduli dan berbagi serta bergotongroyong antarsesama tanpa membeda-bedakan asal-usul suku, agama, dan golongan. Dengan begitu, Indonesia mempu menjadi kekuatan dahsyat yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

“Saya yakin, dengan kerja bersama, kita akan mampu menghadapi tantangan masa depan, mencapai prestasi bangsa: Indonesia maju yang gemilang,” ungkap Sri Sultan saat membacakan sambutan pada agenda Malam Resepsi Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78, Kamis malam (17/08) di Bangsal Kepatihan.

Agenda ini turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, GKBRAA Paku Alam, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Ponco Hartanto, jajaran Forkopimda DIY, anggota DPRD DIY, Kepala OPD DIY, Kepala Instansi Vertikal, dan perwakilan Paskibraka DIY.

Tahun ini, peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023 mengambil tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Untuk membawa Indonesia menjadi negara yang maju, tidak bisa hanya dilakukan oleh satu pihak. Tapi membutuhkan kerja bersama dari seluruh elemen masyarakat.

“Didukung penyelenggara negara yang bekerja cerdas dan berkeadilan; guru dan pelajar yang kreatif dan ikhlas berlandaskan keilmuan; rohaniawan yang mengamalkan kesalehan spiritual dan kesalehan publik; wirausahawan yang inovatif, dan didukung oleh warga yang kreatif, maka Insya Allah, nilai-nilai Pancasila melebur dalam diri dan jiwa setiap warga negara, menjadi bintang pemandu menuju Indonesia yang aman, sentosa, dan sejahtera,” terang Sri Sultan.

Ketua DPRD DIY, Nuryadi menyebutkan dalam sambutannya, bahwa tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” bukan sekadar rangkaian kata semata. Melainkan cerminan dari perjalanan sukses yang telah kita lalui sebagai bangsa yang telah Merdeka dan visi yang terus kita pegang dalam meneruskan pembangunan negara tercinta ini. “Tema tersebut juga memiliki makna melambangkan pencapaian-pencapaian berharga yang telah kita raih sebagai merupakan dorongan bagi kita semua untuk terus bergerak maju,” ujar Nuryadi.

Nuryadi menambahkan, bukti nyata semangat melaju untuk Indonesia maju yang dilakukan pemerintah adalah proyeksi perkembangan ekonomi tahun 2024 mencapai 2%. Proyeksi ini dijabarkan Presiden Joko Widodo pada pidatonya tanggal 16 Agustus 2023. Pemerintah terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan sosial, dan menjaga budaya bangsa.

Tema ini juga merupakan panggilan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Karena perjuangan kita belum selesai, demi membawa Indonesia maju. Dibutukan kolaborasi dan semangat persatuan untuk mewujudkan mimpi bangs aini dan mencapai tujuan bersama. (Wd/Ag/Hr)

 

Humas Pemda DIY

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: