19 Des 2023
  Humas DIY Berita,

Peringatan Bela Negara Jadi Momentum Persatuan Bangsa

Yogyakarta (19/12/2023) jogjaprov.go.id – Peringatan Hari Bela Negara merupakan momentum seluruh komponen bangsa untuk meneguhkan tekad membela negara yang dilakukan bersama seluruh rakyat Indonesia. Tahun ini, Peringatan Hari Bela Negara mengangkat tema ‘Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju’.

DIY menggelar upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, pada Selasa (19/12). Bertindak sebagai Inspektur Upacara,  Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) DIY Brigjen TNI Rachmad Pudji Susetyo. Upacara turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, beserta seluruh jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di DIY.

Rachmad mengungkapkan, peringatan Hari Bela Negara tahun ini diharapkan semakin membangkitkan semangat dan kemampuan bela negara. “Hari Bela Negara hendaknya tidak sekadar dirayakan sebagai sebuah hari peringatan saja. Namun, harus menjadi momentum untuk komitmen bersama dalam mengobarkan semangat bela negara guna mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Sekecil apapun aksi nyata bela negara yang dilandasi rasa cinta tanah air tentu akan berdampak besar terhadap kejayaan bangsa,” ujarnya.

Rachmad menyampaikan, bela negara diwujudkan melalui sikap, perilaku, dan tindakan setiap warga negara yang bertujuan untuk mempertahankan kedaulatan dan keselamatan bangsa. Bela negara merupakan suatu kehormatan bagi seluruh komponen bangsa. Setiap warga negara dapat mendukung dan mengupayakan pertahanan negara sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing. Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

“Sejalan dengan pernyataan Jenderal Sudirman, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku dan adat istiadat, tetapi milik kita semua. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia adalah milik seluruh rakyat tanpa terkecuali,” paparnya.

Rachmad menegaskan bahwa masa depan bangsa menjadi tanggung jawab bersama. Melalui amanatnya, Menteri Pertahanan RI juga mengajak seluruh tumpah darah Indonesia untuk bersama mengobarkan semangat bela negara, melalui penunaian tugas dan tanggung jawab pengabdian sesuai dengan peran dalam masyarakat.

“Kobarkan semangat bela negara dengan cara mengimplementasikan nilai-nilai dasar bela negara dalam setiap langkah dan tindakan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, menuju negara maju, berdaulat, adil, dan makmur,” tambahnya. (fa/sis/dl)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: