18 Jul 2023
  Humas DIY Berita,

Perluas Pasar, Jendela Sibakul Jogja Jelajah Nusantara Bertandang ke Banjarmasin

Yogyakarta (18/07/2023) jogjaprov.go.id – Dinas Koperasi dan UKM DIY kembali menunjukkan keseriusannya dalam mendorong pengembangan dan kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) DIY. Berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan DIY, kali ini Dinas Koperasi dan UKM DIY mengajak para pelaku usaha UMKM DIY yang tergabung dalam asosiasi/koperasi untuk melebarkan sayap usahanya melalui penyelenggaraan Jendela Sibakul di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang akan digelar selama tiga hari, pada 21-23 Juli 2023 mendatang.

Pengembangan pasar di luar DIY menjadi kebutuhan yang penting dilakukan agar produktifitas dapat terus ditingkatkan melalui keterserapan pasar yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Jendela Sibakul yang akan diselenggarakan di Duta Mall Banjarmasin ini, selain untuk memperluas pemasaran produk para pelaku usaha UMKM, juga untuk memperkuat lokal brand mereka di pasar nasional, serta menjalin kemitraan lintas daerah.

“Setelah adanya pandemi Covid-19, kita juga sudah menggeliat, teman-teman UMKM DIY ini bersama-sama berkomitmen terus melakukan aktivitasnya dan menghasilkan karya-karya yang mungkin sudah pantas, yang terus akan kita pasarkan. Dikemas dengan Jendela Sibakul Jogja Jelajah Nusantara, kami berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan DIY. Dimana budaya tidak hanya sekadar atraksi, tapi dalam hal ini juga bagaimana budaya karya teman-teman dari para pelaku usaha ini bersama-sama nanti akan kita tampilkan dan promosikan di Duta Mall Banjarmasin. Nanti akan kita hias produk-produk dari Sibakul Jogja di sana. Harapannya nanti banyak peminatnya,” terang Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi saat melakukan Jumpa Pers terkait kegiatan Jendela Sibakul Jogja Jelajah Nusantara pada Selasa (18/07) di Ruang Wisanggeni, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Dinas Koperasi dan UKM DIY sendiri, telah berkolaborasi dengan para pelaku usaha di DIY yang tergabung dalam asosiasi/koperasi membentuk Jendela Sibakul sebagai jendela bagi masyarakat luas untuk dapat mengenal sekaligus berbelanja produk-produk unggulan yang ada di DIY secara offline. Saat ini, di wilayah DIY Jendela Sibakul beroperasional di Galeri Plut, Plaza Malioboro, Kantor Pos dan Ambarukmo Plaza, dengan melibatkan kurang lebih 200 pelaku usaha binaan Sibakul Jogja.

Siwi menyampaikan, beberapa jenis produk para pelaku usaha UMKM DIY binaan Sibakul Jogja yang akan ditampilkan atau dipamerkan pada Jendela Sibakul di Duta Mall Banjarmasin nanti pada tanggal 21-23 Juli 2023 ini meliputi produk fashion (batik, shibori, lurik, ecoprint), craft (wayang, kerajinan perak), jewelry (kalung, gelang), homedecor (furnitur, hiasan dinding, lampu), dan food & beverage (bakpia, wingko, madumongso, wedang uwuh, aneka minuman herbal, coklat, aneka keripik, olahan ikan). Produk dari para pelaku usaha UMKM DIY yang akan ditampilkan dalam Jendela Sibakul ini pun telah melalui proses kurasi oleh tim kurator pihaknya dan dengan bersinergi bersama 11 komunitas DIY.

Siwi menerangkan, kurasi tersebut untuk memastikan bahwa produk para pelaku usaha UMKM DIY binaan Sibakul Jogja ini sudah layak dipasarkan secara lebih luas. Kurasi dilakukan terhadap kelembagaan dari para pelaku UMKM DIY yang minimal harus sudah ber NIB (Nomor Induk Berusaha). Selain itu, juga sudah memiliki legalitas atau ijin edar sesuai ketentuan, packaging produk yang baik sesuai kaidah yang berlaku, serta kontinu dalam berproduksi dan kualitas yang terjaga.

Rencananya, galeri produk UMKM khas Jogja dalam Jendela Sibakul tersebut akan ditampilkan dengan mengusung konsep pameran dengan nuansa kraton bertema pagilaran. Digelar selama 3 hari, pameran produk unggulan UMKM DIY binaan Sibakul Jogja tersebut dapat dikunjungi mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

“Ini pertama (kali). Sibakul Jogja Jelajah Nusantara ini pertama di Banjarmasin membersamai agenda Dinas Kebudayaan DIY. Jadi ini kita kemas, kita hadirkan produk-produk yang ada di Jogja untuk kita bawa ke Banjarmasin. Bukan memindah, hanya pasarnya pindah terus nggak tambah kuantitasnya. Harapan kami pasarnya terus akan luas maka kita buka. Jadi kita buka juga. Di sana mungkin gak perlu bawa banyak-banyak produk. Produknya bisa stay di Jogja. Nanti begitu ada (permintaan) di Banjarmasin, bisa calling yang ada di Jogja, nanti Jogja langsung siap mengirim ke konsumen yang ada di Banjarmasin,” ungkap Siwi.

Dikatakan Siwi, Jendela Sibakul dalam kegiatan Jendela Sibakul Jogja Jelajah Nusantara di Banjarmasin ini sekaligus menjadi ajang tes pasar dari produk-produk yang ditampilkan. “Disana tidak hanya promosi secara tatap muka ketemu di sana, tapi di sana juga kita fasilitasi secara online. Kami fasilitasi saat ada PO (pre order) dari pengunjung yang hadir di Duta Mall, bisa langsung pesan dan nanti akan dikirim melalui fasilitas market dari Sibakul. Bisa dikirim langsung dari Jogja dan free ongkir,” jelas Siwi.

Peserta pameran tersebut melibatkan pelaku usaha yang tergabung dalam asosiasi/koperasi di DIY. Beberapa asosiasi/koperasi tersebut antara lain yaitu Koperasi Java Parama Niaga (JPN), Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Kowapi) Srikandi DIY, Koperasi Formekers Kriya Utama, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY, Asosiasi Eksportir Dan Produsen Handicraft (Asephi) DIY, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) DIY, Ikatan Wanita Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) DIY, Perkumpulan Perempuan Wirausaha (Perwira) DIY, Masyarakat Wira Usaha (Maswira) Jaya, dan Galeri Plut Diskop UKM DIY.

Di samping kegiatan pameran, agenda lain yang akan digelar selama pameran Jendela Sibakul tersebut antara lain yaitu demo dan icip-icip bakpia oleh UKM Bakpia Menuk, demo dan icip-icip minuman herbal oleh UKM Dewiti, dan workshop membatik oleh UKM Sae Sae. Siwi pun mengungkapkan, pihaknya juga bersinergi dengan komunitas yang ada di Banjarmasin, salah satunya untuk menggelar fashion show yang akan dikemas oleh Dekranasda dari Banjarmasin pada gelaran Jendela Sibakul Jogja Jelajah Nusantara di Duta Mall Banjarmasin ini.

Siwi juga menyebutkan, mewakili Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY direncanakan hadir untuk membuka pameran Jendela Sibakul Jogja Jelajah Nusantara di Duta Mall Banjarmasin pada 21 Juli 2023 nanti. GKR Hemas selaku Ketua Dekranasda DIY juga disebutkan akan turut hadir pada pembukaan pameran tersebut.

“Semoga apa yang menjadi ikhtiar ini benar-benar bisa memberikan berkah. Bisa berkembang, UMKM DIY nya bisa naik kelas. Harapan kami nanti juga kita bersinergi di daerah-daerah lain,” tutur Siwi. (Han/Hk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: