04 Jul 2018
  Humas Berita,

Jangan Tergoda Pemahaman Selain Pancasila

Yogyakarta (04/07/2018) jogjaprov.go.id – Momen hari raya sebaiknya dimaknai untuk tetap senantiasa istiqomah, menambah semangat persaudaraan dan kerukunan, mengasah kecerdasan hati dan kepekaan nurani serta menguatkan semangat ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathaniyah.

Demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya pada syawalan dengan abdi dalem se-DIY di Bangsal Kepatihan, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (04/07). Di hadapan abdi dalem, Gubernur meminta  agar abdi dalem harus selalu berperilaku, bertindak, bekerja dengan giat agar bisa berguna untuk sesama untuk kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan terkait ideologi bangsa, Ngarsa Dalem mengingatkan untuk tidak sampai tergoda pemahaman selain Pancasila.

“Selain itu juga wajib nguri-uri budaya Ngayogyakarta melebihi dari warga lainnya, membawa perubahan, dan bisa menjadi contoh teladan yang baik,” pesan Gubernur.

Para abdi dalem diingatkan agar menjunjung tinggi ideologi bangsa yaitu Pancasila. Jangan sampai tergoda dengan pemahaman selain Pancasila. “Mari bersama-sama berupaya dengan semangat golong giliging tekad menjadi satu dengan pemerintah, para pakar, sujana winasis, pelestari budaya dan warga masyarakat,” kata Gubernur.

Sementara itu KPH H Indrokusuma selaku ketua panitia syawalan sekaligus sesepuh abdi dalem mengatakan ada yang berbeda pada tahun ini karena abdi dalem yang mengenakan jilbab diperbolehkan untuk naik ke Bangsal Kepatihan dan sungkem dengan Gubernur DIY. “Karena bangsal ini sudah terbuka, artinya untuk kegiatan pemerintahan, untuk pelantikan sudah diperbolehkan. Ini juga berdasarkan dari masukan-masukan dari warga,” lanjutnya.  

KPH H Indrokusuma menjelaskan tahun ini ada sekitar 700-an abdi dalem keprajan yang hadir. Dengan bertujuan untuk mensucikan diri setelah Lebaran, kegiatan ini mewadahi para abdi dalem yang belum sempat bertemu dan bersilaturahmi dengan Gubernur DIY.

Di akhir acara, sembari menyantap hidangan yang sudah disediakan, para perwakilan abdi dalem se-DIY menikmati penampilan seni tari daerah. (Rk)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: