21 Mar 2018
  Humas Berita,

PKB Diimbau Turut Perhatikan Modin

Yogyakarta (21/03/2018) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengimbau agar para pelaku profesi modin bisa lebih diperhatikan. Sebagai sebuah profesi yang sifatnya lebih kepada pengabdian, modin memiliki arti penting dalam kehidupan bermasyarakat dan telah menjadi bagian dari budaya Jawa.

Hal tersebut beliau sampaikan saat menerima kunjungan dari DPW PKB DIY di Gedhong Pare Anom, Kepatihan, Yogyakarta pada Rabu (21/03). Sri Paduka pun turut meminta DPW PKB DIY turut memelihara keberadaan para modin di tengah masyarakat.

“Modin itu sekarang ini justru terpinggirkan, padahal di Jogja saja ada ribuan jumlahnya. Saya kira sudah seharusnya kita mengapresiasi mereka dengan cara nguwongke, lewat forum pertemuan atau sarasehan untuk tukar pendapat. Modin itu melekat di budaya Jawa dan juga Nahdiyin,” ujarnya.

Menurut Wakil Gubernur DIY, modin telah menjadi pilar budaya dan pilar keistimewaan di Jogja. Karena itu, ia berharap perlu ada pemikiran terkait langkah apa yang bisa dilakukan sebagai perhatian terhadap modin. “Karena bagaimana pun juga mereka patut diperhatikan. Ini bukan masalah materi, karena ada juga modin yang berkecukupan, ini semata-mata ‘panggilan’, ini pengabdian,” imbuh Sri Paduka. 

Kedatangan perwakilan DPW PKB DIY kali ini dalam rangka silaturahmi sekaligus pemberitahuan akan digelarnya Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PKB DIY pada 31 Maret 2018 mendatang. Terkait rencana Muswil, Wakil Gubernur DIY berharap DPW PKB DIY nantinya bisa melakukan pemilihan ketua yang baru dengan baik dan lancar.

“Semoga pengurus yang baru nanti bisa tetap mengemban amanah partai yang berafiliasi ke NU ini, sekaligus mengusung kemaslahatan umat, khususnya muslim. Saya juga berharap para kaum mudanya bisa dipersiapkan untuk regenerasi dan bisa melakukan berbagai inovasi. Harapan saya, nanti soal modin ini juga bisa ikut dimusyawarahkan,” paparnya.

Sekretaris DPW PKB DIY Umaruddin Masdar mengatakan, kedatangan mereka sekaligus untuk mengundang Gubernur DIY atau Wakil Gubernur DIY untuk hadir dalam Muswil DPW PKB DIY. Terkait harapan Sri Paduka bagi para modin, menurutnya hal itu juga menjadi salah satu perhatian DPW PKB DIY.

“Contohnya, kami belum lama ini telah melakukan pelatihan dan pembinaan bagi para modin. Waktu itu diikuti oleh 1.200 modin se-DIY,” ujarnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: