22 Mei 2024

PKK Sebagai Sinergi Tata Kelola dan Pemberdayaan Masyarakat

Yogyakarta, (22/05/2024) jogjaprov.go.id – Sebagai bentuk manifestasi sinergisitas tata kelola pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat, sesuai dengan perannya  masing-masing, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) diharapkan dapat menghadapi berbagai dinamika, yang telah membentuk karakter dan menguji ketahanan organisasi.

Demikian disampaikan Wakil Gubenur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubenur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara dalam Pelantikan Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Penjabat TP PKK Kulon Progo, Rabu (22/05) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Pelantikan yang dilakukan oleh Wakil Ketua I TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam tersebut sesuai dengan Keputusan Ketua TP PKK DIY, berdasarkan pada hasil Rakernas IX Tentang Bidang Kelembagaan PKK, Bab III C nomor 2B yang mengatur bahwa Ketua TP PKK pada setiap jenjang adalah istri/suami Gubernur, Bupati/Walikota, Camat dan Kepala Desa/Lurah.

Pada kesempatan ini, Sugiharti secara resmi dilantik sebagai Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta menggantikan Atiek Wulandari. Sementara Arieta Anis Suprapti dilantik kembali sebagai Penjabat Ketua TP PKK Kulon Progo. Keduanya akan mengemban tugas sebagai Penjabat Ketua TP PKK Kota Yogyakarta dan Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo Masa Bakti 2024/2025. 

‘PKK sebagai mitra pemerintah, memiliki peran kunci untuk menggerakkan dan menginspirasi keluarga di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menjalankan praktik-praktik pengelolaan sampah yang efektif dan bertanggung jawab.’ ujar Sri Paduka.

Sri Paduka menuturkan, dalam berbagai tantangan yang kita hadapi, ada satu tantangan yang memerlukan perhatian kita yang lebih mendalam dan kian urgen, yaitu peningkatan kesadaran dan aksi nyata terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, dimulai dari inti masyarakat kita yaitu keluarga. Tantangan ini bukanlah krisis yang mencengkeram, tetapi sebuah peluang untuk menggalang kekuatan dan kebijaksanaan kita, dalam merawat bumi yang kita tinggali.

Lebih lanjut Sri Paduka mengatakan, saat ini adalah saatnya bagi PKK untuk strategis dalam beroganisasi, tidak hanya dengan menjadi pelopor, tetapi juga menjadi penjaga keharmonisan alam dan kehidupan sosial. 

Kepada Ibu Sugiharti dan Ibu Arieta Anis Suprapti, saya ucapkan selamat bekerja dan mengabdi demi kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan taufiq serta hidayah-Nya bagi kita semua. Aamiin Ya Rabal’alaamiin,” ucap Sri Paduka.  (Aul/Rd/Im)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: