28 Apr 2022
  Humas DIY Berita,

PMI DIY Siap Bantu Kelancaran Mudik Lebaran

Yogyakarta (28/04/2022) jogjaprov.go.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) siap membantu kelancaran mudik Lebaran 1443 H di DIY. Kesiapan tersebut diwujudkan melalui penyediaan Pos Pertolongan Pertama pada sejumlah titik di empat wilayah Kabupaten serta Kota Yogyakarta.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang juga selaku Ketua Dewan Kehormatan PMI DIY, saat ditemui usai melakukan kunjungan Monitoring Pertolongan Pertama Hari Raya Lebaran 1443 H di Pos Jembatan Timbang Kulwaru 2022 PMI Kabupaten Kulon Progo, Kamis (28/04). Pada kunjungan monitoring siaga Lebaran yang dilakukan ke beberapa pos tersebut, Sri Paduka didampingi oleh Ketua PMI DIY GBPH H. Prabukusumo dan para pengurus PMI DIY.

“Jadi intinya kami membantu kelancaran mudik yang mungkin lama sudah tidak dilaksanakan oleh warga. Kami PMI siap membantu," tutur Sri Paduka.

Sri Paduka menyampaikan, selain siap melayani bantuan untuk pengobatan darurat atau pertolongan pertama di pos-pos yang telah disediakan, juga disiapkan tempat untuk beristirahat. Selain itu, mengetahui bahwa larangan untuk mudik yang berlaku selama dua tahun terakhir ini tidak diberlakukan kembali, Sri Paduka berharap, kegiatan mudik Lebaran yang dilakukan oleh masyarakat pada tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar.

“Harapan kami ya mudik lancar lancar saja tentu. Jadi pokoknya 'mangkat selamet bali selamet' itu," ujar Sri Paduka.

Saat melakukan kunjungan monitoring, Sri Paduka turut memberikan semangat, arahan, dan doa kepada para relawan PMI yang bertugas. Di samping itu, bingkisan bantuan seperti masker, hand sanitizer, pin, gantungan kunci, dan buah-buahan, secara simbolis juga diserahkan Sri Paduka secara langsung kepada perwakilan relawan PMI.

Sementara itu, Ketua PMI DIY GBPH H. Prabukusumo mengingatkan agar para pemudik lebaran dapat berhati-hati dalam berkendara. Senada dengan Sri Paduka, Gusti Prabukusumo juga menyatakan kesiapannya untuk menolong dan melakukan apa saja yang bisa dilakukan PMI DIY untuk membantu kelancaran mudik Lebaran tahun ini.

Kunjungan Monitoring Pertolongan Pertama Hari Raya Lebaran 1443 H tersebut juga dilakukan ke Markas PMI DIY di Jalan Siliwangi No.3 Patuk, Banyuraden, Gamping, Sleman; Markas PMI Kabupaten Sleman di Jalan Radjimin, Sucen, Triharjo, Sleman; dan Pos Pengamanan Lebaran OPS “Ketupat Progo 2022” POS PAM Sedayu Polres Bantul. (Han)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: