23 Agt 2022

PORDA DIY 2022 Pertandingkan 44 Cabor

Yogyakarta (23/08/2022) jogjaprov.go.id - Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY 2022 akan segera dimulai. Ajang yang diselenggarakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY ini akan berlangsung pada 1-9 September 2022 dengan Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah lokasi penyelenggaraannya.

Usai bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa (23/08), Ketua KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengungkapkan, persiapan pelaksanaan PORDA DIY 2022 secara kuantitatif sudah dapat dikatakan 99% siap. Pertemuan dengan Sri Sultan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta ini juga dihadiri oleh Bupati Sleman, Kustini.

“Persiapan PORDA kali ini sudah on the track dan sesuai timeline yang kita rancang sebelumnya. Saat kami laporkan persiapan pelaksanaan tadi, beliau (Sri Sultan) sempat menanyakan ada tambahan cabang olahraga atau tidak. Saya sampaikan, ada tambahan karena ada cabang olahraga baru yang kemarin belum masuk menjadi anggota KONI DIY,” ungkap Djoko.

Djoko mengatakan, jika pada PORDA sebelumnya ada 40 cabor yang dipertandingkan, pada PORDA 2022 bertambah menjadi 44 cabor. Beberapa cabor yang baru tersebut di antaranya ialah hapkido, kick boxing dan e-sport. Cabor baru ini diberi kesempatan untuk bertanding di PORDA 2022, meski memang tidak semua cabor baru bisa langsung masuk ke PORDA jika pada PORDA.

“Jika pada PORDA sebelumnya tidak dipertandingkan, maka di PORDA ini cabor baru bertanding tapi sifatnya ekshibisi. Artinya perolehan medali pada cabor tersebut tidak dihitung dalam konstelasi total keseluruhan medali. Ini memang menjadi bagian dari prasyarat untuk nantinya di PORDA berikutnya bisa masuk secara definitif,” imbuhnya.

Dijelaskan Djoko, pertemuan dengan Gubernur DIY kali ini juga sekaligus untuk mengundang Sri Sultan dalam pembukaan PORDA DIY 2022 pada 1 September 2022 mendatang. Namun, dikarenakan adanya agenda kerja lain yang tidak dapat ditinggal, Sri Sultan menyanggupi untuk hadir pada penutupan PORDA DIY 2022 pada 9 September 2022.

“Semula kami ingin tetap Sri Sultan yag membuka, karenanya ada rencana pembukaan bergeser di tanggal 31 Agustus 2022. Tapi ternyata dari aspek tempatnya tidak bisa karena adanya event lain. Sehingga hari ini kami matur meminta arahan, dan beliau (Sri Sultan) mengatakan tetap tanggal 1 September saja, nanti yang membuka Insya Allah Sri Paduka, baru di tanggal 9 September nanti beliau menutup,” papar Djoko.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini mengungkapkan harapannya agar pelaksanaan PORDA DIY 2022 ini dapat berjalan lancar dan sukses. Ia juga meminta dukungan seluruh pihak agar pelaksanakan PORDA DIY 2022 bisa berjalan baik.

“Kami juga memohon doanya kepada beliau (Sri Sultan) agar pelaksanaan PORDA kali ini sukses. Untuk Sleman sendiri kami berharap bisa hattrick lagi sebagai juara umum PORDA DIY,” imbuhnya. (Rt/Hk)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: