02 Sep 2022
  Humas DIY Berita, Agenda Kegiatan,

PORDA XVI dan PEPARDA III DIY Resmi Dibuka, 494 Medali Emas Diperebutkan

Sleman (01/09/2022) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X secara resmi membuka Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI dan Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) III DIY Tahun 2022, Kamis (01/09) malam di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Seluruh kegiatan PORDA dan PEPARDA tahun 2022 yang mengusung tema ‘Nyawiji Yasa Prestasi’ itu berlangsung hingga Jumat (09/09) dan dipusatkan di 52 venue di Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah. 

Membacakan sambutan Gubernur DIY, Sri Paduka menegaskan pentingnya menjunjung tinggi sportivitas dalam pertandingan. “Sportivitas adalah roh dalam olahraga. Dukungan moral, saling memperkuat motivasi, dan memelihara kebersamaan menjadi pondasi untuk meraih prestasi,” ungkap Sri Paduka. 

Terlebih lagi, menurut Sri Paduka, momentum PORDA dan PEPARDA, selain sebagai ajang bagi para atlet untuk mengukur dan mengukir prestasi, sejatinya juga merupakan barometer keberhasilan daerah dalam aspek pembinaan olahraga.

Wagub DIY juga berpesan agar setiap kontingen dari kabupaten/kota di DIY menjaga nama baik masing-masing wilayah yang diwakili. “Jaga nama baik Kabupaten/Kota yang saudara wakili, jaga kesehatan, jaga kekompakan. Jangan sampai prestasi dan kerja keras selama ini tercoreng dengan perbuatan yang menyimpang dari unsur sportivitas. Mari menjunjung permainan yang bersih dan bermartabat,” imbuh Sri Paduka.

Setelah resmi membuka PORDA XVI dan PEPARDA III DIY Tahun 2022, tropi juara umum baik PORDA maupun PEPARDA DIY dikembalikan kepada penyelenggara yakni KONI DIY dan National Paralympic Committee (NPC) DIY. Penyerahan kedua tropi tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY kepada Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto dan Ketua Umum National NPC DIY Hariyanto.

Sementara, Ketua Umum KONI DIY Djoko Pekik Irianto pada kesempatan yang sama menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Kabupaten Sleman sebagai tuan rumah, yang telah mempersiapkan arena PORDA dan PEPARDA dengan baik. 

“PORDA dan PEPARDA merupakan ajang multi event sebagai wadah unjuk prestasi atlet DIY yang digelar setiap dua tahun untuk mempersiapkan atlet potensial yang dapat berlomba di event-event nasional seperti PON XXI dan Peparnas XVII tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara,” katanya. 

Djoko Pekik mengatakan bahwa tema Nyawiji Yasa Prestasi yang digunakan dalam PORDA XVI dan PEPARDA III DIY kali ini diharapkan dapat memacu semangat atlet untuk memberikan yang terbaik bagi daerah masing-masing. Adapun Si Elja (Elang Jawa) menjadi maskot resmi PORDA XVI dan PEPARDA III DIY. Burung ini merupakan satwa endemik Sleman yang dinilai mampu mewakili semangat juang Sleman.

Ia menyebut dalam pelaksanaan kali ini, PORDA XVI DIY melombakan 44 cabang olahraga, sementara untuk PEPARDA III DIY melombakan 10 cabang olahraga yang memperebutkan 494 medali emas. “Total atlet yang berpartisipasi sebanyak 3.649 orang untuk Porda XVI DIY dan sebanyak 335 orang untuk Peparda III DIY,” jelasnya. 

Senada dengan Wagub DIY, ia berharap seluruh atlet dapat mengedepankan sportivitas dalam setiap pertandingan. Demikian halnya dengan wasit dan para juri diharapkan selalu menjunjung tinggi integritas dan tidak memihak. 

Di sisi lain, ia menyampaikan bahwa KONI DIY senantiasa siap melaksanakan Porda dan Peparda DIY tahun ini secara sungguh-sungguh, sportif dan objektif dengan menjunjung nilai-nilai persahabatan dan persatuan untuk meraih kesuksesan. 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo berharap seluruh agenda Porda dan Peparda di Kabupaten Sleman selaku tuan rumah berjalan dengan lancar. "Dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Hanya tiga cabor yang dipertandingkan di luar Sleman yakni dayung, aerosport dan sepatu roda," jelasnya. Bupati Kustini menuturkan Pemkab Sleman telah berupaya memberikan pelayanan terbaik dan serius kepada tamu kontingen kabupaten/kota dengan mempersiakan venue, acara, emergency plan serta keamanan.

Ia pun berharap, adanya PORDA dan PEPARDA tahun 2022 ini dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyakarat. “Penyelenggaraan PORDA dan PEPARDA menjadi momentum menggeliatkan ekonomi masyarakat. Pemkab Sleman pelaku pariwisata, UMKM, dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi,” tutupnya. 

Selebrasi pembukaan PORDA XVI dan PEPARDA III DIY tahun 2022 ini juga ditandai dengan penyalaan api pertandingan yang dilakukan perwakilan atlet dipimpin Legenda Atlet Bulu Tangkis Finarsih. Kaldron api tersebut akan terus menyala selama pertandingan PORDA dan PEPARDA tahun 2022 berlangsung hingga Jumat (09/09) mendatang. 

Tak hanya itu, agenda pembukaan PORDA dan PEPARDA tahun 2022 juga dimeriahkan dengan parade atlet dari masing-masing kabupaten/kota di DIY dan parade wasit serta pertunjukan tari kontemporer dari masing-masing kabupaten/kota yang melibatkan 250 penari.

Agenda pembukaan PORDA dan PEPARDA tahun 2022 ini turut dihadiri Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman, perwakilan Forkominda DIY, Pj. Walikota Yogyakarta, Pj. Bupati Kulon Progo, serta perwakilan dari NPC DIY. [vin/ad/rd]

 

HUMAS DIY 

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: