28 Sep 2022
  Humas DIY Berita,

Pramuwisata Perlu Berupaya Lebih Pikat Wisatawan ke DIY

Yogyakarta (28/09/2022) jogjaprov.go.id – Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji berharap pramuwisata di DIY mampu meningkatkan kompetensinya melalui sertifikasi. Dengan demikian, pramuwisata bisa menjalankan perannya untuk memikat lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara ke DIY.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya pada agenda Launching Aplikasi E-Sertifikasi Pramuwisata DIY yang bertempat di Hotel Jambuluwuk, Yogyakarta pada Rabu (28/09). Menurut Aji, kepiawaian pramuwisata menjadi tolok ukur akan tingkat kepuasan wisatawan atas pelayanan yang telah diberikan oleh pramuwisata.

Oleh karenanya, dikatakan Aji, kepiawaian pramuwisata sangat memegang peran terhadap kehadiran dari para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Adapun tingkat kepuasan yang dirasa memuaskan oleh para wisatawan tersebut pun diharapkan dapat membuat para wisatawan yang datang ke DIY menetap lebih lama.

“Jadi saya kira, kehadiran teman-teman pramuwisata yang handal yang bisa kita percaya untuk memikat masyarakat yang datang di DIY itu sangat penting. Tugas kita sekalian, bagaimana kita menata sedemikian rupa supaya wisatawan, baik domestik maupun asing, datang itu didampingi oleh pramuwisata. Supaya datang di Jogja itu puas karena ada yang mengarahkan, ada yang nyeritani dan diberikan informasi yang benar,” tutur Aji.

Selain mengikuti uji kompetensi dari aplikasi E-Sertifikasi Pramuwisata DIY tersebut, Aji juga menyarankan, agar aplikasi Visiting Jogja dapat menyediakan informasi terkait pramuwisata di DIY secara detail. “Lewat Visiting Jogja nya harus bisa memberikan gambaran. Seperti kalau anda mau atau butuh pramuwisata perempuan yang pandai berbahasa Inggris, ini, yang pandai berbahasa Prancis, ini, berbahasa China, ini. Itu jelas gitu, kita gampang. Kalau perlu tarifnya kita tulis,” jelas Aji.

Berdasarkan kepuasan yang dirasakan oleh para wisatawan atas pelayanan yang diberikan oleh para pramuwisata DIY ini juga diharapkan, wisatawan tersebut dapat menceritakan testimoninya kepada handai tolan mereka yang lainnya. Besar harapan, handai tolan tersebut kemudian bisa turut datang berkunjung ke DIY.

Sementara itu, tidak kalah penting, Aji juga menyebutkan bahwa sudah seyogianya, para pramuwisata DIY dapat memperhatikan penampilan diri masing-masing dengan baik. Begitu pula dengan kemampuan mereka dalam melakukan public speaking serta beretika yang baik kepada wisatawan.

Adapun aplikasi E-Sertifikasi Pramuwisata DIY ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata DIY dengan dukungan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DIY. Menyasar para pramuwisata DIY, E-Sertifikasi Pramuwisata DIY ini bertujuan, yaitu agar pramuwisata DIY mempunyai pengetahuan keistimewaan DIY dari sejarah, budaya, landasan hukum hingga filosofinya; pramuwisata DIY memiliki kapasitas yang sama atau seragam dalam pengetahuan Keistimewaan DIY; pramuwisata DIY memiliki kemudahan dalam memperoleh sertifikat pengetahuan keistimewaan; dan pramuwisata DIY mudah dalam melaksanakan uji pengetahuan keistimewaan DIY untuk memperoleh maupun memperpanjang KTPP (Kartu Tanda Pengenal Pramuwisata).

Isi dari aplikasi E-Sertifikasi Pramuwisata DIY ini meliputi Registrasi berupa form data diri dan Uji Kompetensi Budaya dan Keistimewaan yang mana terdapat bank soal yang disediakan untuk uji sertifikasi budaya dan keistimewaan. Uji Kompetensi Budaya dan Keistimewaan tersebut dapat diakses oleh calon pramuwisata secara online. Apabila peserta dua kali berturut-turut gagal atau tidak lulus dalam tes tersebut, maka harus mengikuti pelatihan keistimewaan di Pamong Pawiyatan Yogyakarta.

Aplikasi E-Sertifikasi Pramuwisata DIY ini sendiri dinilai memberikan keuntungan, yakni mempermudah pramuwisata dalam mendapatkan KTPP (Kartu Tanda Pengenal Pramuwisata) dan sertifikat kompetensi tentang budaya dan keistimewaan DIY dengan cepat. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dinilai efektif dan efisien serta menyediakan data pramuwisata DIY yang sudah kompeten. Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja, Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota se-DIY atau yang mewakili, dan hadirin serta tamu undangan lainnya. (Han)

Humas Pemda DIY

 

Sumber Foto: Dinas Pariwisata DIY

Bagaimana kualitas berita ini: