10 Sep 2018
  Humas Berita,

Atlet Asian Games dari DIY Diberi Tali Asih

Yogyakarta (10/09/2018) jogjaprov.go.id – Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 Tahun 2018 Tingkat DIY di Lapangan Panahan, Jl Kenari, Yogyakarta, Senin (10/9), menjadi hari berbahagia bagi para atlet asal DIY yang membela Indonesia pada Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang.  Mereka mendapatkan apresiasi nyata dari Pemda DIY melalui pemberian tali asih berupa uang. 

Dari 34 atlet/pelatih asal DIY pada Asian Games lalu, terdapat 4 atlet yang berhasil mendapatkan medali yakni Fitriani (emas panjat tebing), Gilang Ramadhan (perunggu voli pantai), Ade Candra R (perak voli pantai) dan Muhammad Rian Ardianto (perak bulutangkis). Penyerahan dilakukan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Muhammad Rian tidak dapat hadir karena sedang mengikuti turnamen di luar negeri.

Usai upacara, Sri Sultan saat ditemui wartawan berharap para atlet DIY agar terus giat berlatih dalam mempersiapkan ajang berikutnya. “Harapan saya memberikan sumbangan untuk ajang PON XX tahun 2020 di Papua,” kata Sri Sultan.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi melalui sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur DIY mengajak sama-sama melaksanakan gerakan olahraga secara massif dan meluas di semua lapisan masyarakat. Hal ini sesuai sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga dalam konteks pembangunan olahraga.

Menpora mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur, baik pelajar, masyarakat, karyawan, dan warga binaan yang ada di lembaga permasyarakatan.

“Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Karena hingga kini, permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah (di bawah 18%). Maka dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut,” tuturnya.

Menpora menyampaikan bangsa Indonesia mendapat kado istimewa dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games ke-18 dan juga sukses dalam prestasi. Prestasi tersebut lahir karena telah dipersiapkan secara matang dan sistematik serta berkat dukungan semua pihak.

“Terima kasih semua untuk KONI, KOI, para atlet, pelatih, pembina yang telah menorehkan prestasi luar biasa di Asian Games 2018. Dan saya ucapkan rasa bangga kepada para pahlawan olahraga yang sukses dengan perjuangannya,” lanjut Menpora.

Dengan tema besar HAORNAS tahun ini yakni Ayo Olahraga, Bangun Indonesia. Tema ini mengandung makna bahwa kita mengajak untuk berolahraga. Dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa yang sehat dan membangun badan yang kuat.

“Tahun ini pula kita semakin kuatkan olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan sebagai fondasi menuju pembangunan olahraga yang lebih utuh termasuk di dalamnya membangun prestasi. Karena tidak akan ada prestasi kalau tidak ada partisipasi,” ucapnya.

Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO selaku Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY menerangkan,pada ASian Games lalu DIY mengirim 29 atlet dan 5 pelatih.  Penghargaan diberikan kepada seluruh atlet/pelatih yang berpartisipasi, baik mendapatkan medali maupun tidak.

“Ada empat (atlet) berhasil mendapatkan medali. Mudah-mudahan bisa memotivasi yang lain agar bisa mengikuti jejak mereka mencetak prestasi yang bagus,” jelas Djoko Pekik.

Hadir pada upacara Haornas ke-35 antara lain pejabat Forkopimda DIY, Wakil Ketua DPRD DIY Arif Noor Hartanto, pimpinan OPD Pemda DIY dan kabupaten/kota, pegawai Pemda dan perwakilan pelajar se-DIY. Berlangsung meriah, pada akhir acara diadakan senam bersama. Para atlet Asian Games asal DIY turut bergabung, membaur dan berswafoto dengan para pelajar. (rk)

HUMAS DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: