22 Jul 2022
  Humas DIY Berita,

Prima Dodolan, Ruang Perempuan Produktif dan Kreatif Untuk Tingkatkan Kesejahteraan

  

Sleman (22/07/2022) jogjaprov.go.id - Saat ini, terdapat 133 Kelompok Ekonomi Produktif (KEP) Desa Prima yang tersebar di berbagai kelurahan di DIY. Desa Prima merupakan program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan di wilayah melalui peningkatan produktivitas ekonomi melalui salah satunya UMKM.


Plt. Asisten Sekda DIY bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat, Aris Eko Nugroho menyampaikan hal demikian pada pembukaan pameran Prima Dodolan, Jumat (22/07) di Jogja City Mall, Sleman. Prima Dodolan merupakan gelar potensi kelompok ekonomi produktif berupa produk makanan dan kerajinan yang dihasilkan oleh perempuan Yogyakarta.


Sasaran Desa Prima adalah wilayah-wilayah yang dianggap berpotensi dan memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi namun di dalamnya terdapat wanita-wanita yang memiliki niat untuk mengubah nasib. Para perempuan hebat yang memiliki niat dan upaya meningkatkan taraf kehidupannya melalui kreativitas untuk melahirkan produk-produk baik itu makanan ataupun kerajinan untuk dipasarkan.


Aris mengungkapkan, melalui inisiasi, pendampingan hingga pembinaan rutin kepada kelompok-kelompok Desa Prima secara berkelanjutan, diharapkan perempuan semakin berperan dalam meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga pada tingkat mikro dan meningkatkan kualitas hidup bangsa pada tingkat makro. Meningkatkan potensi Desa Prima salah satunya melalui Prima Dodolan ini adalah bentuk komitmen Pemda DIY untuk membuka peluang bagi pengusaha kecil untuk memasarkan produknya secara luas.


"Anggota KEP Desa Prima dapat memanfaatkan ajang ini untuk promosi branding dan perluasan jejaring sehingga ke depan dapat meningkatkan perekonomian," kata Aris.


Didanai dengan Dana Keistimewaan, program Desa Prima yang digawangi oleh DP3AP2 DIY ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa. Tidak hanya memberi ruang pada produk fisik, namun program ini juga memberikan ruang untuk produk budaya. Teater, seni tari, dan pertunjukan merupakan sesuatu yang menjadi salah satu produk Desa Prima.


"Kami juga memberikan fasilitas free ongkir pada UMkM melalui dana keistimewaan. Saya kira ini adalah peluang bagus bagi UMKM termasuk juga produk Desa Prima untuk bisa ambil bagian, sehingga potensi peningkatan penjualan lebih tinggi," tutur Aris.


Sementara itu Sekretaris DP3AP2 DIY Carolina Radiastuty menyampaikan, perempuan merupakan potensi dari perpaduan kelembutan dan kekuatan yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan. Sayangnya belum seluruh perempuan di Indonesia memiliki ketahanan dan kekuatan yang sama untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Masih ada kelompok perempuan rentan yang perlu diberikan dukungan agar mereka mampu mengembangkan potensi diri baik di keluarga maupun masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan yang dilakukan oleh Pemda DIY adalah program Desa Prima ini. Prima sendiri disingkat dari perempuan Indonesia maju dan mandiri.

"Program Desa Prima merupakan program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dengan pintu masuk melalui peningkatan produktivitas ekonomi agar tercipta kehidupan yang lebih baik dan meningkatkan ketahanan keluarga," jelas Carolina.

Kebijakan Desa Prima menurut Carolina diambil karena berdasarkan data nasional usaha mikro memberikan kontribusi sebesar 30,25% bagi produk domestik bruto. Di mana sebagian besar kontribusi tersebut dilakukan oleh kaum perempuan yang bertindak sebagai kepala rumah tangga perempuan yang berusaha sendiri sebesar 37,91%. Persentase ini lebih besar dibandingkan dengan laki-laki yang bertindak sebagai kepala keluarga sebesar 22,34% dan perempuan yang berusaha sendiri ini sebagian besar ada pada ranah usaha mikro. Berdasarkan data BPS sensus ekonomi tahun 2016 sebesar 43,45% pelaku usaha mikro ini berjenis kelamin perempuan. Beberapa gambaran tersebut menunjukkan bahwa potensi kewirausahaan perempuan di Indonesia memegang peranan yang sangat penting.

Perempuan di Indonesia bukan hanya sekedar angka atau jumlah yang besar tetapi memiliki peran yang cukup vital dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Untuk itu diperlukan dorongan ataupun dukungan serta fasilitas agar perempuan dapat menyadari serta memaksimalkan potensinya untuk turut serta dalam pembangunan melalui partisipasi pada sektor ekonomi.

"Sasaran program Desa Prima antara lain adalah perempuan dari keluarga Pra Sejahtera, perempuan kepala keluarga dan perempuan rentan lainnya dengan harapan terjadi penurunan tingkat kemiskinan di wilayah-wilayah yang dianggap berpotensi dan memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi," jelasnya.

Menurut Carolina lotus yang dipilih adalah kelurahan yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan di berbagai bidang. Sejak tahun 2008 sampai saat ini sudah terbentuk 133 Desa Prima dengan jumlah anggota sekitar 3500 orang. Desa Prima ini dijadikan sebagai salah satu pilar dalam penetapan Desa Mandiri Budaya yang merupakan bentuk dukungan dan penghargaan terhadap kiprah perempuan di dalam proses pembangunan.

Usaha yang ditekuni oleh anggota Desa Prima juga beragam mulai dari aneka olahan makanan, ritel, jasa katering, kerajinan tangan dan sebagainya. Pelatihan dan perluasan jejaring selalu diupayakan untuk keberlanjutan serta peningkatan kualitas usaha dan ketahanan ekonomi perempuan.

Carolina menyampaikan bahwa permasalahan yang dialami oleh kelompok Desa Prima adalah pemasaran. Permasalahan ini terutama ada pada Desa Prima dengan lokasi yang aksesnya terbatas karena faktor geografis. Untuk merespon permasalahan tersebut Pemda DIY melalui DP3AP2 menyelenggarakan pameran gelar potensi Desa Prima dengan tema Prima Dodolan yang akan digelar selama 3 hari berturut-turut dari hari Jumat, 22 Juli hingga Minggu, 24 Juli 2022 mendatang.

"Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang branding dan perluasan jejaring bagi Desa Prima yang mampu menampilkan produk unggulan yang dihasilkan oleh anggota dan aktualisasi produk unggulan serta pengenalan produk KEP Desa Prima kepada masyarakat luas serta ekspos potensi anggota kelompok di luar sektor ekonomi antara lain teater dan tarian," kata Carolina. (uk/Krn/HT)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: