26 Agt 2024

PTA Yogyakarta Ingin Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Yogyakarta (26/08/2024) jogjaprov.go.id - Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Yogyakarta berkeinginan meningkatkan kualitas pelayanan Pengadilan Agama di kabupaten/kota se-DIY. Salah satu yang perlu segera dipenuhi ialah kebutuhan Pengadilan Agama Sleman dari sisi fasilitas perkantoran.

Dengan tujuan itulah, Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Yogyakarta, Achmad Hanifah bersama rombongannya bertemu dengan Gubernur DIY pada Senin (26/08). Bertempat di Gedhong Wilis, Kompleks kepatihan, Yogyakarta, Achmad Hanifah mengatakan, Pengadilan Agama Sleman sampai saat ini selalu menjadi pengadilan agama yang paling banyak menangani perkara.

“Pengadilan Agama Sleman jadi satu-satunya di DIY yang perkaranya paling banyak, tapi sayangnya pelayanan tidak maksimal. Kendala yang paling menonjol adalah kondisi kantor yang memang belum memadai,” ungkapnya.

Achmad Hanifah menuturkan, pihaknya berharap kantor Pengadilan Agama Sleman bisa menjadi lebih baik. Untuk itu, pihaknya datang berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Gubernur DIY terkait hal ini. “Ini baru awal komunikasi kami. Selanjutnya kami tentu akan datang lagi untuk menindaklanjutinya lebih konkret lagi, walaupun memang butuh proses,” imbuhnya.

Menurut Achmad Hanifah, Pengadilan Agama Sleman hanya terkendala lokasi saja. Untuk manajemen dan kinerja selama ini sudah baik. Ia berharap, nantinya dengan dukungan kondisi kantor yang memadai, pelayanan kepada masyarakat dapat jauh lebih baik.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Tri Saktiyana yang turut hadir pada pertemuan ini mengatakan, pengadilan tinggi agama juga bagian dari sistem peradilan kita. Dan dalam hal ini, PTA Yogyakarta menyampaikan, dari wilayah kabupaten/kota yang ada di DIY, yang perlu didorong untuk fasilitasnya adalah Pengadilan Agama Sleman.

“Beliau (Sri Sultan) berharap pihak PTA Yogyakarta bisa mengkomunikasikan dulu ke bawah (Pengadilan Agama Sleman), yang cocok itu tempatnya yang seperti apa atau yang mana. Tentu ini agar supaya pelayanan publik dalam hal peradilan agama di Sleman bisa lebih bagus lagi,” imbuhnya. (Rt/Yd)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: