09 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Raih WTP 14 Kali, Pemda DIY Apresiasi Kinerja BPK

Yogyakarta (09/08/2024) jogjaprov.go.id - Pemerintah Daerah DIY sangat mengapresiasi kinerja BPK RI Perwakilan DIY selama ini. Kolaborasi dan sinergi yang ditunjukan BPK RI Perwakilan DIY dengan Pemda DIY mewujudkan tren positif, dengan diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 14 kali berturut-turut.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada acara Serah Terima Jabatan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan DIY. Bertempat di Kantor Perwakilan BPK DIY pada Jumat (09/08), Sri Paduka berharap, agar BPK terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemda DIY, dalam rangka menunaikan tugas pengabdian pada masyarakat, bangsa, dan negara.

“Hari ini menjadi momentum yang tepat bagi saya, baik atas nama pribadi maupun mewakili pemerintah daerah DIY, untuk mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi, kepada Bapak Widhi Widayat atas kontribusi beliau yang selama ini mengabdi menjadi Kepala Perwakilan BPK DIY,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka pun mengungkapkan, berbagai penghargaan yang diterima oleh Pemda DIY tidak lepas dari dukungan para mitra, termasuk BPK RI Perwakilan DIY. Prestasi Pemda DIY mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 14 kali menjadi bukti, kerja bersama dengan BPK RI Perwakilan DIY berjalan dengan sinergis, konstruktif, dan profesional.

Serah terima jabatan ini dilakukan antara Widhi Hidayat, selaku Kepala Perwakilan BPK DIY sebelumnya yang saat ini telah purna tugas, kepada Agustin Sugihartatik, yang kini menjabat Kepala Perwakilan BPK DIY.

“Kepada Ibu Agustin Sugihartatik, kami berharap agar tidak segan-segan untuk melakukan dialog komunikasi dan koordinasi dengan kami. Pada keduanya, saya juga mengucapkan selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru,” ucap Sri Paduka.

Sementara itu, Anggota V BPK RI, Ahmadi Noor Supit menyampaikan, momentum penting ini memiliki arti substansial dalam menjaga kontinuitas dalam menjaga tugas dan fungsi organisasi. Oleh karena itu, perlu memaksimalkan kesempatan ini untuk terus mempererat komunikasi, membangun sinergi, dan kolaborasi serta meningkatkan koordinasi seluruh pemangku kepentingan dan mitra kerja di DIY.

“Pada kesempatan ini, saya sebagai anggota V BPK, ingin menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran bapak/ibu semua. Semoga kebersamaan kita hari ini menjadi wujud nyata dan komitmen bersama, untuk saling mendukung dan membantu melancarkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita,” kata Ahmadi.

Ahmadi menyebut, sebagai organisasi yang dinamis, BPK melakukan promosi, rotasi dan mutasi secara terstruktur untuk memperkuat nilai dasar independensi, integritas, dan profesionalisme dalam budaya organisasi. Kegiatan ini bukan hanya sekadar kebutuhan organisasi semata, tetapi juga diharapkan untuk dapat meningkatkan kinerja di unit kerja yang baru.

“Kepada Kepala Perwakilan BPK DIY yang baru, saya berharap dapat beradaptasi dengan cepat dan mampu meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan di wilayah pemerintah DIY. Kami juga berikan apresiasi atas peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang sangat baik pada Pemda DIY,” tutur Ahmadi.

Ahmadi pun mengatakan, BPK DIY saat ini telah meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi. Keberhasilan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik dan mendorong penegakan integritas di wilayah DIY. (ham/ts/rz)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: