22 Jul 2022
  Humas DIY Berita,

Ramah Lingkungan, PLN Sosialisasikan Konversi LPG Menjadi Kompor Induksi

Yogyakarta (22/07/2022) jogjaprov.go.id – Konversi dari kompor LPG menjadi Kompor Induksi dinilai lebih efektif dan ramah lingkungan. Untuk itu, PT PLN bersama  Dinas PUP-ESDM melakukan kolaborasi untuk mewujudkan Electrifying Lifestyle Menuju Transisi Energi.

Kepala Dinas PUP-ESDM, Anna Rina Herbranti S.T., M.T pada acara Sosialisasi Konversi Kompor LPG menjadi Kompor Induksi dengan tema “Electrifying Lifestyle Menuju Transisi Energi” mengatakan, kompor induksi sangat aman. Menurutnya, kompor jenis ini memiliki penyebaran panas yang merata. Aktivitas memasak pun lebih cepat dan menghemat waktu.

Acara yang diselenggarakan Jumat (22/07) di halaman Kantor Dinas PUP-ESDM DIY, Yogyakarta  tersebut bertujuan agar masyarakat bisa beralih ke kompor induksi. Anna berharap setelah ada sosialisai, program ini berjalan lancar. “Nanti akan kita koordinasikan dengan UPD yang terkait untuk menyasar UMKM, agar masyarakat mengetahui, bahwa akan adanya peralihan energi, tidak lagi menggunakan kompor yang subsidi melainkan akan digantikan dengan kompor induksi,” ungkap Anna.

Tujuan dari PLN dan Dinas PUP-ESDM menyasar UMKM agar manfaatnya bisa lebih terlihat. Beberapa kriteria lokasi UMKM yang dapat memenuhi penggunaan kompor induksi antara lain adalah daerah di perkotaan dan memiliki Local Area Network (LAN) yang bagus.

Selain itu, GM PLN UID Jateng, DIY, Ir. M. Irwansyah Putra mengatakan bahwa 1 kilogram LPG sama dengan 7,1 kWh sehingga itu merupakan salah satu penghematan yang dapat PT PLN lakukan. Apabila terlaksana konversi tersebut, PLN akan memastikan pasokan listrik di seluruh sistem kelistrikan dalam kondisi cukup.

Banyak manfaat dari program konversi ini, selain menghemat waktu juga menghemat subsidi LPG dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Dengan beralihnya kompor LPG ke kompor induksi, ketergantungan terhadap impor LPG akan berkurang sehingga akan mendorong kemandirian energi.

Acara Sosialisasi Konversi Kompor LPG menjadi Kompor Induksi ini juga dihadiri oleh Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan, Ari Prasetyo, Wakil Kepala Dinas PUP-ESDM, Kusno Wibowo, S.T., M.Si, serta KABID/KABALI di lingkungan PUP-ESDM. (ads/ip)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: