14 Feb 2023
  Humas DIY Berita,

RPJMD 2022-2027 Diharapkan Fokus Pada Kemiskinan dan Infrastruktur

Yogyakarta (14/02/2023) jogjaprov.go.id - Mewakili Gubernur DIY, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menghadiri Rapat Paripurna (Rapur) Ketiga Masa Persidangan Pertama Tahun Sidang 2023 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY di ruang Rapat Paripurna DPRD DIY, Selasa (14/02). Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD DIY, Nuryadi, S.Pd dan dihadiri sebanyak 33 orang anggota dewan.

Nuryadi mengungkapkan, Rapat Paripurna kali ini berdasarkan keputusan rapat yang telah diselenggarakan DPRD DIY tanggal 24 Januari 2023 dengan acara Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD DIY terhadap Penjelasan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta terkait Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif Pemerintah Daerah DIY tentang:

1). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (RPJMD DIY) Tahun 2022-2027 tersebut dalam Bahan Acara Nomor 2 Tahun 2023;

2). Perubahan Atas Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik tersebut dalam Bahan Acara Nomor 3 Tahun 2023

Beberapa perwakilan partai menyerahkan tanggapan terhadap dua poin pembahasan tersebut secara bergiliran. Partai yang hadir adalah PDI, PKS, PAN, Gerindra, PKB, Golkar, dan Fraksi Gabungan. Suparja, S.IP. dari Partai Gabungan mengungkapkan pandangan partainya mengenai pentingnya fokus pemerintah pada pengurangan angka kemiskinan dan kesenjangan infrastruktur di DIY.  “Kesempatan terbaik untuk mengelola APBD 2022-2027 yang akan datang, mestinya ini menjadi hal yang sangat prioritas,” ungkapnya.

Dalam sambutan pada Rapat Paripurna tanggal 13 Februari 2023 lalu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X telah menyampaikan bahwa RPJMD menjadi acuan pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program strategis dan pemanfaatan pendanaan, untuk peningkatan pelayanan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di daerah.

Diantaranya dengan memberikan kemudahan perizinan dalam memulai usaha, tersedianya infrastruktur dan lingkungan hidup yang nyaman, tersedianya kecukupan pangan dan peningkatan pemberdayaan masyarakat hingga mendorong peningkatan daya saing daerah, juga menjadi tujuannya. Dengan mewujudkan visi Panca Mulia, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat DIY. (wd/Hr)

Bagaimana kualitas berita ini: