23 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Satpol PP dan Satlinmas Harus Tingkatkan Integritas dan Profesionalisme

Yogyakarta (23/08/2024) jogjaprov.go.id - Peringatan HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas menjadi momen yang tepat untuk memberikan apresiasi atas dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Satpol PP dan Satlinmas harus terus meningkatkan integritas dan profesionalisme, serta berkomitmen untuk selalu bersikap responsif terhadap dinamika yang ada di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X saat membacakan sambutan Gubernur DIY pada upacara Peringatan HUT Ke-74 Satpol PP dan HUT Ke-62 Satlinmas Tahun 2024 pada Jumat (23/08) di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta. Turut hadir, Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono pada upacara tersebut.

Satpol PP, sebagai garda terdepan dalam penegakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman, serta penyelenggaraan perlindungan masyarakat, selama ini telah menunjukkan komitmennya yang luar biasa. Sri Paduka menyebut, keberadaan Satpol PP tidak hanya memberikan rasa aman, tetapi juga memastikan bahwa peraturan yang telah ditetapkan dapat diterapkan secara konsisten.

Sementara itu, Sri Paduka mengatakan, Satlinmas telah menjadi pilar penting bagi kegiatan penanganan bencana dan situasi darurat, sekaligus secara nyata telah ikut memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Memasuki usia ke-62 ini, Satlinmas harus senantiasa siap menghadapi berbagai tantangan, dan tanggap serta tangkas memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“Tentu kita semua paham, bahwa Satpol PP dan Satlinmas sejatinya memang tidak dimaksudkan sebagai entitas yang pasif. Lebih lebih dari itu, keduanya berperan aktif dalam proses pembangunan,” ungkap Sri Paduka.

Seperti yang diketahui, sebentar lagi akan menghadapi Pilkada Serentak 2024, sebuah momen krusial bagi demokrasi kita. Sri Paduka menyampaikan, Satpol PP maupun Satlinmas memegang peranan yang sangat penting dalam mengawal proses demokrasi sampai ke tingkat masyarakat, dengan tetap siaga menjaga keamanan fasilitas pemerintahan, fasilitas umum, dan objek vital masyarakat, termasuk keamanan masyarakat itu sendiri.

“Bagi Satpol PP, salah satu tantangan terbesar adalah menjaga ketertiban dan keamanan selama masa kampanye dan pemungutan suara. Kita harus pastikan, bahwa proses pemilihan berlangsung dengan aman dan sesuai dengan peraturan,” kata Sri Paduka.

Terkait Satlinmas, kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat dan bencana jangan sampai melemah. Sri Paduka menyampaikan, bahwa setiap langkah antisipasi bencana yang telah dipersiapkan dengan baik harus dipastikan. Kolaborasi dengan Satpol PP dan instansi terkait lainnya juga akan memastikan respons yang cepat dan efektif.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-74 untuk Satpol PP dan yang ke-62 untuk Satlinmas. Terima kasih atas pengabdian dan komitmen yang telah, sedang, dan akan diberikan,” ucap Sri Paduka.

Pada upacara tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan kepada 50 anggota Satlinmas atas dedikasi dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini. Sertifikat penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. (ham/yd/stt)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: