16 Des 2020

Sekda DIY Lantik Pejabat Fungsional dan Kepala Sekolah

Yogyakarta (16/12/2020) jogjaprov.go.id – Keberlangsungan kepemimpinan sekolah menjadi sangat penting untuk mewujudkan peserta didik yang berkualitas. Untuk itu, Pemda DIY melantik Tata Usaha, Kepala Sekolah dan Jabatan Fungsional Umum, Rabu (16/12). Dari 127 peserta, beberapa dilantik langsung oleh Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji di Bangsal Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Sisanya mengikuti secara daring dari Gedung Wisanggeni dan Gedung Abimanyu, yang kesemuanya berada di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Aji mengungkapkan, pelantikan ini bertujuan untuk mengisi kekosongan kepala sekolah dan tata usaha. Sebab apabila jabatan-jabatan ini dibiarkan terlalu lama sangat tidak baik. Hal ini karena kehadiran pimpinan di suatu instansi sangat diperlukan bagi unit kerja masing-masing OPD.  

Tugas sebagai Kepala Sekolah dan Tata Usaha sekolah saling menunjang dan mendukung satu sama lain. Kepala Tata Usaha Sekolah merupakan satu-satunya pejabat struktural di sekolah yang bersangkutan. Sehingga tugas-tugas administratif di sekolah itu sepenuhnya menjadi tanggung jawabnya.

“Kepala sekolah akan lebih banyak melaksanakan tugas-tugas yang terkait dengan akademik. Ada beban administrasi juga disitu bersama dengan Kepala Tata Usaha.  Kelancaran administrasi dan akademik di masing-masing sekolah itu tentu menjadi tanggung jawab mereka yang dilantik,” kata Aji.

Meskipun Kementerian Pendidikan sudah memberikan sinyal untuk penyelenggaraan pendidikan melalui tatap muka bisa dimulai semester depan, atau Bulan Januari, namun Aji menjelaskan tetap harus ada koordinasi lebih lanjut. Tetap harus dilakukan evaluasi, rekomendasi dan pemanatauan dari kabupaten/kota dan gugus tugas.

“Tentunya, pada masa pandemi ini, tugas bagi para pejabat terlantik menjadi lebih berat dari sebelum pandemi. Hal ini karena penyelenggaraan pendidikan harus mengedepankan kesehatan bagi peserta didik, guru, dan kepala sekolah,” ujar Aji.

Aji berharap, pejabat-pejabat ini harus mampu berkontribusi memajukan kinerja di satu OPD. Melalaui pelantikan ini diharapkan bisa menjaid momentum meningkatkan kinerja agar kedepan lebih baik lagi. Juga memberikan bahan masukan untuk pengambilan keputusan kepada para pimpinan di masing-masing OBD dalam rangka memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala BKD DIY Amin Purwani menyampaikan, semua kekosongan jabatan kepala sekolah telah terpenuhi pada pelantikan kali ini. Namun masih ada jabatan fungsional yang belum terisi,dan masih diupayakan mencari kandidat yang memenuhi kualifikasi.

Mengenai pembelajaran tatap muka, Amin menjelaskan, harus disesuaikan dengan kebijakan yang diambil namun juga harus dilihat kondisi lapangan.  Apakah bisa tetap muka atau masih harus seperti yang sebelumnya, harus disesuaikan dengan aturan pusat dan gugus tugas. Yang terpenting adalah meningkatkan kinerja sekolah masing-masing terlebih dahulu. “Mudah-mudahan nanti bisa membawa warna baru untuk dunia pendidikan,” tutup Amin. (uk)

 

Bagaimana kualitas berita ini: