17 Agt 2022
  Administrator Berita,

Sekda DIY Pimpin Upacara HUT ke-77 RI

Yogyakarta (17/08/2022) jogjaprov.go.id – Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat menjadi tema Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022. Ini menjadi sebuah perenungan spiritual, yang dalam budaya Jawa jumbuh dengan menunaikan patrap, melalui adeping tekad dan cloroting batin, sura-dira jayaningrat lebur dening pangastuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng.

Sekda DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji atas nama Gubernur DIY bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan ke–77 RI di lapangan Kompleks Kepatihan, Yogyakarta yang diikuti oleh pejabat dan aparat di lingkungan Pemda DIY. Ibnu Muhammad bertindak sebagai komandan upacara pada hari Rabu (17/08).

Sekda DIY membacakan sambutan Gubernur DIY menyebutkan bahwa perenungan dilakukan dengan introspeksi untuk menunaikan cita-cita Proklamasi yang berlandaskan istikamah–konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan. Momen peringatan kemerdekaan ini sebaiknya diliputi suasana samadya lan prasaja tanpa mengurangi makna esensialnya.

Peringatan Kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya, serta mendoakan, agar arwah para pahlawan bangsa memperoleh pahala sesuai amal baktinya, serta diterima di haribaan-Nya dan diampuni segala dosanya.

Lebih lanjut Sekda DIY menyatakan bahwa Proklamasi 1945 adalah sumber kekuatan dan sumber tekad perjuangan yang dapat diibaratkan sebagai puncak dari seluruh tenaga dan pikiran, kekuatan material, dan spiritualitas bangsa Indonesia. Karena ketotalannya itulah, kita masih bisa bertahan sampai sekarang.

Sekda DIY menandaskan bahwa merupakan tugas kita bersama, untuk kemudian mengisi dan memanfaatkan kemerdekaan ini, dengan daya upaya terbaik sesuai perannya masing-masing. Meski sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, semua elemen bangsa harus bersinergi dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan, selaras dengan tema peringatan Proklamasi Kemerdekaan, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Dalam memaknai HUT ke-77 RI 2022, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan Indonesia. Kemajemukan adalah anugerah bagi bangsa Indonesia yang menerangi keutuhan bangsa dan negara. Kemajemukan politik dan ekspresinya justru menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

Turut hadir Kepala-kepala OPD Pemda DIY pada upacara yang dilaksanakan di halaman Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, yang diawali dengan pengibaran bendera sang saka Merah Putih, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh petugas serta ditutup dengan pembacaan doa dalam suasana khidmat.

Lebih lanjut Gubernur DIY menyatakan bahwa keunikan bangsa dalam keberagaman, justru menjadi perekat yang memperkuat jati diri bangsa. Kekhasan budaya lokal yang dapat dikembangkan sebagai kearifan lokal, dapat diberdayakan guna menampung segala kemajemukan itu, sekaligus memperteguh semangat persatuan Indonesia.

Muji Raharjo salah satu peserta upacara, mengungkapkan kegembiraannya karena setelah hampir tiga tahun pandemi Covid-19, upacara hanya digelar daring. Tahun ini Gubernur DIY mengijinkan pelaksanaan upacara secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (515/Kar/Dvd).

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: