13 Agt 2024

Sekda: Sportivitas Harus Dipegang Teguh

Yogyakarta (13/08/2024) jogjaprov.go.id - Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono mengukuhkan dan melepas Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) ke-XIV. Bertempat di Bangsal Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Selasa (13/08), Beny menegaskan, dalam filosofi olahraga, satu nilai penting yang harus dipegang teguh, yaitu fair play atau kejujuran dalam bertanding.

“Sportivitas bukan hanya tentang mengikuti aturan permainan, tetapi juga tentang menghormati lawan, wasit, dan diri sendiri. Saya yakin kontingen akan bertanding dengan semangat juang yang tinggi, dengan penuh integritas, dan tetap mengedepankan sikap santun yang menjadi ciri khas Yogyakarta,” ungkapnya.

Beny menuturkan, PORWANAS bukan sekadar ajang untuk berkompetisi, tetapi juga merupakan momentum untuk mempererat tali persaudaraan di antara kita, serta menguatkan semangat kebersamaan dan sportivitas. Dalam setiap pertandingan, nama baik daerah menjadi tanggung jawab kita bersama.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh anggota kontingen untuk senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dan menjaga nama baik Yogyakarta. Saya juga berharap, melalui partisipasi dalam PORWANAS ini, kontingen DIY dapat memberikan yang terbaik, berjuang dengan semangat pantang menyerah,” imbuhnya.

Menurut Beny, persiapan yang matang, dedikasi yang tinggi, dan semangat yang ditunjukkan merupakan cerminan dari komitmen untuk membawa nama baik DIY dalam ajang olahraga nasional ini. Setiap medali yang diraih adalah bukti dari kerja keras, ketekunan, dan kesungguhan yang telah tertanam selama ini. Untuk itu, ia berharap kontingen PORWANAS DIY bisa membawa pulang medali sebanyak-banyaknya untuk kebanggaan DIY.

“Tunjukkanlah bahwa Yogyakarta adalah daerah yang istimewa, bukan hanya dalam hal budaya dan sejarah, tetapi juga dalam semangat olahraganya. Selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas, dan pulanglah dengan kemenangan yang membanggakan,” katanya.

Dalam kesempartan yang sama, Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengatakan, PORWANAS XIV akan dilaksanakan pada 20-25 Agustus 2024 di Kalimantan Selatan. Untuk itu, ia memohon doa seluruh masyarakat DIY agar para atlet, pelatih serta official senantiasa diberi kesehatan, kekuatan, kesabaran dalam berkompetisi untuk menghasilkan prestasi terbaik.

“Dalam kompetisi, juara adalah penting, namun yang lebih penting adalah jiwa soprtivitas. Untuk itu para punggawa DIY bertandinglah dengan gagah dan gigih, namun tetap menjaga fair play. Meraih rangking setinggi tingginya adalah utama, namun silatirahim lebih mulia,” imbuhnya.

Djoko menambahkan, pihaknya yakin kontingen PORWANAS DIY juga mempunyai tekat yang kuat untuk merah prestasi terbaik, paling tidak bisa menyamai raihan kontingen Indonesia di Olimpiade Paris, yakni dua medali emas. “Selamat bertanding para atlet PORWANAS DIY, doa masyarakat DIY menyertai, semoga raih prestasi terbaik,” imbuhnya.

Pada PORWANAS 2024 ini, PWI DIY mengirim 50 pesertanya, yang terdiri dari atlet, pelatih dan official. Kontingen DIY akan berlaga di 12 cabang olahraga, di mana cabang olahraga tenis meja, catur dan atletik menjadi andalan untuk meraih medali emas. (Rt/Rcd/Jon)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: