31 Okt 2022

Seleksi Penerima Anugerah HB IX Award Dimulai

Yogyakarta (31/10/2022) jogjaprov.go.id - Usai dua tahun vakum akibat pandemi, UGM kembali menyelenggarakan Anugerah HB IX Award. Untuk itu, panitia seleksi akan memulai tahap penyeleksian tokoh yang nantinya menjadi penerima penghargaan ini pada Dies Natalis UGM ke-73, Desember tahun ini.

Dalam rangka meminta masukan dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk penyelenggaraan Anugerah HB IX Award 2022 ini, Dewan Guru Besar UGM bersama panitia seleksi melakukan audiensi pada Senin (31/10). Bertempat di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Ketua Dewan Guru Besar UGM, Prof. Dr. Ir. Mochammad Maksum, M.Sc., mengungkapkan maksud dan tujuan kedatangan rombongannya usai audiensi.

“Kami datang untuk sowan, untuk audensi terkait updating penyelenggaraan Anugerah HB IX Award tahun ini. Karena itulah kami datang juga untuk meminta update nasihat sebagai tambahan untuk nantinya bisa melacak (penerima award) lebih baik lagi,” ungkapnya.

Maksum menuturkan, proses seleksi akan segera dilakukan dengan deadline pengumpulan nama para calon penerima pada 10 November 2022 mendatang. Selanjutnya, dari nama yang telah tersaring itu, akan dievaluasi dan dikonsultasikan pula kepada Gubernur DIY untuk menentukan siapa yang pantas memperoleh Anugerah HB IX Award.

“Dalam perbincangan tadi, Sri Sultan sharing banyak hal. Audiensi ini penting bagi kami, apalagi Ngarsa Dalem memberi nasehat agak banyak terkait dengan nilai-nilai yang diajarkan oleh HB IX. Misalnya, nilai-nilai apa yang harus dicontoh dan dilanjutkan dari HB IX. Dan ini bisa jadi petunjuk bagi panitia seleksi dan petunjuk juga bagi kita semuanya di UGM,” jelasnya.

Menurut Maksum, HB IX yang merupakan ayahanda Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X ini adalah sosok yang luar biasa. HB IX pun pantas menjadi simbol segala kebajikan dan ketulusan kebangsaan. Untuk itu, panitia seleksi diimbau agar lebih berhati-hati dalam memilih tokoh penerima anugerah ini.

“Beliau (Gubernur DIY) titip pesan pada panitia seleksi yang muda-muda ini jangan sampai yang menerima anugerah itu mlengseh, tangannya tidak boleh gupak darah, tidak boleh gupak lendhut, dan tidak boleh gupak rupiah, harus bersih seperti almarhum (HB IX),” tegasnya.

Ditambahkan Maksum, seleksi calon penerima Anugerah HB IX Award 2022 sama seperti sebelumnya, yakni bersifat nasional. Sosok yang dicari ialah orang yang heroik, dengan sisi kemanusiaan dan kebangsaan yang luar biasa, bahkan tidak hanya berskala nasional tapi juga internasional, agar mampu mencitrakan nilai-nilai kemanusiaaan dan kebangsaan HB IX.

Beberapa tokoh yang telah dianugerahi HB IX Award di antaranya Herman Johanes, Mochtar Kusuma Atmadja, Jusuf Kalla, Basuki Hadimuljono, Goenawan Soesatyo Mohamad, Selo Sumardjan, Teuku Jacob, Saparinah Sadli, Ajip Rosidi, dan Ahmad Syafii Maarif. (Rt/Aa/Jon)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: