20 Mei 2023

Semangat Harkitnas untuk Bangkit Pasca Pandemi

Yogyakarta (20/05/2023) jogjaprov.go.id - Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi CoViD-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

Demikian yang disampaikan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X sebagai Inspektur Upacara saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI pada Upacara Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional DIY Tahun 2023. Upacara yang digelar di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Sabtu (20/05) ini memgangkat tema 'Semangat untuk Bangkit'.

"Pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk CoViD-19 secara resmi dicabut. Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi CoViD- 19," ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka mengatakan, kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah bangsa ini di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

"Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi CoViD-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045," imbuh Sri Paduka.

Sri Paduka pun menuturkan, seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo. Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu, serta untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional. Pertama, memerdekakan cita-cita kemanusiaan, kedua, memajukan nusa dan bangsa, serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

"Mengutip perkataan dr. Soetomo, 'Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya.' Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit," tutup Sri Paduka.

Sebagai rangkaian kegiatan Peringatan ke-115 Hari Kebangkitan Nasional DIY Tahun 2023, digelar pula Upacara Ziarah Nasional di Makam Pahlawan Nasional dr. Wahudin Soediro Hoesodo di Sleman. Pada upacara ziarah kali ini, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan bertindak sebagai Inspektur Upacara. (Rt/Aa/Hk/Jon)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: