29 Agt 2024
  Humas DIY Berita,

Sri Paduka Ingatkan Yogya Heritage Run 2024 Tidak Mengganggu Aktivitas Masyarakat

Yogyakarta (29/08/2024) jogjaprov.go.id – Menyambut Dies Natalis ke-66 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Rama S. Nugraha dan Atot Gunadharma dari Ikatan Alumni UPN Veteran Yogyakarta sekaligus panitia Dies Natalis, menemui Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X di Gedong Pare Anom, Kamis (29/08).

Ditemui usai audiensi, Rama selaku Sekretaris Panitia Dies Natalis ke-66 UPN Tahun 2024, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya menemui Wakil Gubernur DIY, yaitu untuk bersilaturahmi sekaligus menyampaikan undangan kepada Sri Paduka terkait Yogya Heritage Run 2024.

“Kami bertemu dengan beliau sebagai senior di UPN Veteran Yogyakarta, kami meminta kepada beliau menjadi pelindung sekaligus penasehat untuk acara Dies Natalis,” ungkap Rama. Selain itu, kepada Sri Paduka, Rama menyampaikan rencana event Yogya Heritage Run pada 8 Desember mendatang. Dalam rangka Dies Natalis UPN. “Yogya Heritage Run adalah persembahan kami untuk Yogyakarta,” katanya.

Rama menyampaikan, tanggapan positif Sri Paduka akan adanya kegiatan Yogya Heritage Run 2024. Menurut Sri Paduka, itu adalah sebuah kegiatan yang sangat bagus yang dapat mensupport heritage di Yogyakarta. Sri Paduka juga memberi masukan titik-titik yang akan digunakan untuk lintasan lari. Khususnya, tempat-tempat yang menjadi warisan budaya, sebagai icon Jogja. Contohnya seperti Tugu, Alun-Alun Keraton, Taman Sari dan sebagainya. Rama menambahkan, Sri Paduka mengingatkan agar akses lari tidak menggangu mobilitas masyarakat yang sedang berlibur di Yogyakarta, khususnya di Hari Minggu. 

Ikatan alumi UPN Veteran Yogyakarta  memiliki keinginan untuk mengumpulkan teman-teman alumni, sekaligus UPN sebagai Kampus Bela Negara sudah semestinya selalu mengingat peninggalan warisan budaya bangsa, yang harus selalu dijaga dan dilestarikan. Pada bulan Desember, seperti biasanya banyak pendatang berkunjung ke Jogja, demikian halnya alumni dari UPN juga banyak yang datang berkunjung ke Jogja.

Sementara itu, Atot mengatakan, “Untuk lintasan lari Yogya Heritage Run 2024 belum ditentukan, yang pasti jalur lintasan adalah jalan yang ada heritage-nya”. Diawal, panitia menetapkan target peserta lari sekitar dua ribu orang, dengan lintasan sejauh 5km dan 10km. Sementara, disampaikan untuk pendaftaran lari baru akan dibuka pada September bulan depan.

Atot menjelaskan, lari tersebut terbuka untuk masyarakat umum dan semua alumni UPN Veteran Yogyakarta Se-Indonesia. Baik yang ada di DIY, maupun yang ada di luar Provinsi DIY dan luar Pulau. Tak hanya itu, panitia juga menerima pendaftaran dari alumni yang mukim di luar negeri.

“Acara lari ini kami persembahkan untuk umum dari kami untuk Jogja, nasional dan seluruh alumni yang tersebar di seluruh nusantara dan manca negara,” jelasnya. Ia berharap, melalui acara ini, mereka dapat mengembalikan memori para alumni untuk bisa pulang ke Jogjakarta sekaligus bisa menjadi kegiatan tahunan yang dapat meningkatkan traffic pariwisata di DIY. (Ft/Rcd)

HUMAS PEMDA DIY

Bagaimana kualitas berita ini: