14 Mar 2024
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan Ajak Kanwil  DJP DIY Bantu UMKM

Yogyakarta (14/03/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DIY ikut mendorong perkembangan kemajuan UMKM. Melalui DJP DIY, UMKM diharapkan mendapatkan kemudahan pemasaran ke luar negeri atau ekspor.

Sri Sultan menyampaikan hal demikian pada saat menerima kunjungan Kepala Kanwil DJP DIY, Erna Sulistyowati pada Kamis (14/03) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Erna Sulistyowati bertemu Sri Sultan dalam rangka memperkenalkan diri atas jabatan barunya sebagai DJP DIY. Ia yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I ini, hadir bersama Slamet Sutantyo, Plh. Kanwil DJP DIY.

“Tadi kami diminta untuk mendorong UMKM yang ada di sini, untuk mempermudah dalam hal ekspor. Beliau tadi pesannya membantu UMKM dengan tujuan supaya masyarakat Jogja makin optimal, dalam peran serta UMKM,” ungkap Erna.

Selain dorongan untuk membantu UMKM, menurut Erna, Sri Sultan banyak memberikan wawasan terkait dengan kepemimpinan. Pun, Erna juga mengaku kagum atas kepatuhan pajak masyarakat DIY. Sri Sultan menurutnya menjadi contoh baik atas kepatuhan penyampaian SPT tahunan, jauh sebelum waktu jatuh tempo. Hal ini memberikan dampak baik pada kepatuhan masyarakat.

Erna beserta rombongan banyak membicarakan terkait kerjasama pada penerimaan negara khususnya pajak dan penerimaan pajak daerah. Lebih lanjut, sudah ada pembicaraan tentang langkah ke depan  terkait kerjasama dalam mengoptimalkan dua sisi. Dua sisi tersebut adalah penerimaan negara maupun pajak, dalam rangka pertukaran data kerjasama dan sebagainya.

“Tadi saya mendapatkan banyak insight, banyak pengetahuan dari yang disampaikan oleh Ngarsa Dalem. Harapan saya yang paling utama adalah koordinasi dan kerjasama yang sudah sangat baik antara kami dengan DIY terus berlanjut. Tujuannya adalah optimalisasi penerimaan pajak, kepatuhan penyampaian SPT tahunan, dan dan tugas kami dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” papar Erna.

Sementara itu, Slamet Sutantyo yang pada kesempatan tersebut berpamitan kepada Sri Sultan mengatakan, selama bertugas di DIY semua lancar. Ia mendapatkan dukungan yang sangat baik dari pemerintah daerah. Ia menyebut, target yang diamanahkan seluruhnya dapat tercapai, dan  kerjasama dengan Pemda DIY sangat baik. DIY juga menurutnya telah aktif berperan dalam memberikan bantuan laporan SPT kepada masyarakat. Sehingga, target pencapaian SPT tercapai, karena para tokoh melapor SPT dengan baik, sehingga masyarakat pun ikut melaporkan SPT-nya dengan baik.

“Tugas di sini sangat menyenangkan. Semuanya lancar, koordinasi dengan Pemda juga bagus. Tidak ada masalah. Semoga nanti Bu Erna juga bisa meningkatkan dengan lebih baik lagi. Apalagi tingkat kepatuhan masyarakat bagus dan meningkat,” tutup Slamet. (uk/yd/tf)

Humas Pemda DIY

 

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: