30 Jan 2023
  Humas DIY

Sri Sultan Ajak YJI DIY untuk Terus Tingkatkan Komunikasi, Kolaborasi dan Sinergi

Yogyakarta (30/01/2023) jogjaprov.go.id – “Pada kesempatan yang baik ini, perkenankanlah saya mengajak Yayasan Jantung Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta untuk terus tingkatkan komunikasi, kolaborasi dan sinergi dengan pihak pemerintah maupun pemangku kepentingan lainnya.”

Hal demikian disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menyampaikan sambutan pada acara Pengukuhan Pengurus Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2021-2026, hari Senin (30/01), di Bangsal Kepatihan, Yogyakata. Pada kesempatan yang sama, Sri Sultan mengucapkan selamat kepada semua pengurus yang hari ini dilantik. “Tanggung jawab yang disandangkan ke pundak saudara-saudara, sesungguhnya adalah sebuah pengakuan atas konsistensi kepedulian saudara-saudara selama ini, sehingga adalah harapan kita semua, bahwa posisi ini dapat menjadi motivasi lebih untuk terus merealisasikan kepedulian kedalam pengabdian dan kerja nyata, semoga di tangan saudara-saudara Yayasan Jantung Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta dapat setia dengan perannya sebagai Pelopor Hidup Sehat,” harap Sri Sultan.

Sri Sultan menjelaskan bahwa pemerintah berkomitmen dalam percepatan transformasi kesehatan Indonesia, di mana penekanannya adalah pada aspek preventif, promotif, dan mitigatif. “Saya yakin kita semua telah cukup banyak belajar dari pengalaman selama ini, serta dapat sepakat, bahwa kemauan membangun kolaborasi dan adaptif terhadap situasi merupakan salah satu kunci penting bagi terciptanya kemajuan,” tegas Sri Sultan.

Hadir pada acara Pengukuhan Pengurus YJI Cabang Provinsi DIY periode 2021-2026, Ketua Umum Pusat YJI, Esti Nurjadin, S.H., M.Kn., sekaligus melantik dan mengukuhkan segenap pengurus YJI Cabang Provinsi DIY  berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Pusat Yayasan Jantung Indonesia Nomor 011/YJI/SK/VII/2022 tentang Susunan Kepengurusan Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi D.I. Yogyakarta Masa Bakti 2021-2026 dengan menyematkan PIN YJI secara simbolis kepada Ketua Umum YJI Cabang Provinsi DIY masa bakti periode 2021-2026, Budi Waluya.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Sri Sultan, Ketua Umum Pusat YJI mengatakan , YJI masih akan memfokuskan pada kegiatan utama pentingnya pencegahan penyakit jantung dengan fokus utama pada generasi muda, dengan fokus pada kegiatan promotif dan preventif. YJI membuat program untuk mengajak generasi muda untuk menjadi agen-agen perubahan di bidang kesehatan jantung sehingga dapat menjadi smart influencer untuk lingkungan keluarga, tempat kerja, tempat tinggal atau lingkungan sekolah, baik melalui media tradisional maupun media virtual.

“Tentunya kita mulai dari anak-anak usia sekolah, remaja dan milenial, kita tidak mencoba merubah gaya hidup sehat tetapi membentuk gaya hidup yang sehat,” ucapnya. Sesuai program percepatan kesehatan dari Kementerian Kesehatan, pemerintah saat ini adalah fokus pada kegiatan promotif dan preventif, namun demikian, ia menjelaskan bahwa kegiatan kuratif tetap dilakukan oleh YJI Pusat dengan tetap melakukan operasi jantung bawaan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu.

“Kami berharap, YJI Cabang DIY dapat menerapkan strategi yang sama untuk mengkampanyekan pencegahan penyakit jantung kepada kaum milenial melalui Panca Usaha Jantung Sehat dengan didukung pemberdayaan teknologi sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien dan lebih cepat, dengan cakupan target sasaran yang lebih luas dan selalu berkolaborasi dengan perhimpunan dokter spesialis,” ucapnya.

Adapun GKR Hemas sebagai penasehat utama YJI Cabang Provinsi DIY menyampaikan harapannya bahwa dengan pengukuhan pengurus Yayasan Jantung Indonesia Cabang Provinsi DIY periode 2021-2026 yang dipimpin oleh Bapak Budi Waluyo dapat meningkatkan motivasi dan peran para pengurus YJI Cabang DIY, serta menjalin kerjasama yang kompak saling bahu-membahu dengan mitra kerja YJI Cabang DIY dalam upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah. GKR Hemas menjelaskan, YJI Cabang DIY dengan penekanan kegiatan preventif dan promotif telah memandu dan mendidik masyarakat untuk memahami pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah secara dini melalui Panca Usaha Jantung Sehat yaitu Seimbangkan Gizi, Enyahkan Rokok, Hadapi dan Atasi Stress, Awasi Tekanan Darah dan Teratur Berolahraga.

“Peran Yayasan Jantung Indonesia Cabang DIY terhadap pencegahan dan deteksi dini terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi sangat penting karena disadari mencegah selalu lebih baik daripada mengobati dan ada pesan yang menarik untuk diingat dan dilaksanakan yaitu: jagalah sehatmu sebelum datang sakitmu dengan kegiatan yang positif misalnya berolah raga, makan teratur dan bergizi,” jelas GKR Hemas.

Peran yang tidak kalah penting dari YJI Cabang DIY adalah bagaiamana memberdayakan masyarakat untuk menjadi lebih sadar perlunya memahami dan melaksanakan Panca Usaha Jantung Sehat dengan mengoptimalkan Klub Jantung Sehat (KJS), Klub Jantung Sehat Remaja (KJSR) dan klub-klub yang lainnya. (Fk/Ts/In)

Humas Pemda DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: