18 Nov 2022
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan Akan Raih Maritime Awards 2022

Yogyakarta (18/11/2022) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menerima penghargaan Maritime Awards 2022, kategori penghargaan Soedarpo Sastrosatomo sebagai Inisiator Kebijakan di Bidang Pembangunan Maritim. Penghargaan tersebut akan diberikan kepada Sri Sultan saat penyelenggaraan Maritime Awards 2022 pada 16 Desember 2022 mendatang, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Ketua Pelaksana ISPEC (International Sea Port Exhibition and Conference) dan Maritime Award Fajar Bagoes Poetranto menyampaikan hal tersebut, saat ditemui usai beraudiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (18/11). Sri Sultan menerima audiensi Fajar beserta rombongan tersebut di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Dikatakan Fajar, penetapan Sri Sultan menjadi salah satu tokoh nasional yang dianugerahi penghargaan Maritime Awards 2022 ini setelah melalui proses penyeleksian oleh beberapa dewan pakar. Proses penyeleksian tersebut melibatkan 21 dewan pakar dan dilakukan melalui riset dan survei publik pada Juli 2022 lalu.

"Selama bulan Juli itu, baik itu secara kuantitatif maupun kualitatif, lembaga riset yang kita tunjuk itu mengcapture ternyata Ngarsa Dalem itu sekian lama sejak dari tahun 2006 memang sudah concern terhadap Maritim," ujar Fajar.

Senada dengan Fajar, Ketua Dewan Pakar ISPEC Wahyono Bimarso menyampaikan, Sri Sultan merupakan sosok yang sangat concern terhadap perkembangan kemaritiman khususnya pelayaran di Indonesia, sehingga dinilai tepat menjadi salah satu tokoh nasional yang dianugerahi penghargaan tersebut. Maritime Awards 2022 sendiri merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh ISPEC dengan bekerja sama dan didukung oleh beberapa Kementerian Republik Indonesia serta beberapa stakeholders.

Dikatakan Wahyono, selain kategori penghargaan Soedarpo Sastrosatomo, terdapat pula kategori penghargaan Djuanda Kartawidjaja dalam Maritime Awards 2022 ini. Menurut Wahyono, dalam Maritime Awards 2022 mendatang, Sri Sultan pun berkenan untuk menyampaikan kuliah umum tentang kemaritiman.

"Visi maritim Indonesia itu seharusnya seperti apa? Nah kuliah umum dari Sri Sultan diharapkan akan bisa memberikan gambaran global tentang negara kita yang memang disebut sebagai negara maritim itu harusnya seperti apa gitu," ucap Fajar.

Sementara itu, perwakilan Keluarga Besar Alm Djuanda Kartawidjaja Ismeth Wibowo yang turut hadir dalam audiensi tersebut menuturkan, Sri Sultan menyambut hangat kedatangan rombongannya ini. Selain bersilaturahmi, kunjungan pihaknya tersebut pun sekaligus untuk membicarakan mengenai konsep maritim ke depannya.

"Tadi banyak yang dibicarakan mengenai konsep negara maritim, juga mengenai konsep beliau bilang ada maritime policy yang sangat bermanfaat bagi Indonesia ke depannya," tutur Ismeth. (Han/Rd)

 

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: