10 Des 2022
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan Hadiri Akad Nikah Putra Bungsu Presiden Jokowi

Sleman (10/12/2022) jogjaprov.go.id - Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama GKR Hemas hadir dalam prosesi akad nikah pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, Sabtu (10/12). Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Sofia Gudono setelah mengucap ijab kabul di Pendapa Agung Kedhaton Ambarrukmo, Sleman tepat pukul 13.00 WIB. Turut hadir pada kesempatan ini yakni KGPAA Paku Alam x bersama istri GKBRAy. A. Paku Alam.

Pada prosesi tersebut, bertindak sebagai saksi pernikahan dari pihak Kaesang yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sementara saksi dari pihak Erina yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Adapun Presiden Joko Widodo hadir bersama istri Iriana Joko Widodo duduk berdampingan dengan sang besan pada prosesi yang digelar di bangunan abad ke-18 milik Keraton Yogyakarta itu.

“Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan maskawin tersebut, dibayar tunai," ucap Kaesang saat mengucapkan ijab kabul. Prosesi akad ini pun digelar secara terbatas untuk 150 tamu undangan yang terdiri dari keluarga dan kerabat dekat.

Terdapat sejumlah rangkaian adat yang digelar pada prosesi tersebut, yakni mulai pasrah dan tampi hingga akad nikah. Dilanjutkan dengan panggih pengantin, penyerahan pisang sanggan, kembar mayang, balangan gantal, sesuci samparan, wiji dadi, bubak kawah rucat degan, tampa kaya, dhahar klimah, methuk besan, pangabekten/sungkeman, hingga bedholan pengantin.

Untuk mas kawin atau mahar, Kaesang Pangarep memberikan seperangkat alat salat, uang sejumlah Rp 300 ribu dan empat logam mulia yakni seberat 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram yang melambangkan tanggal pernikahan keduanya.

Adapun Wakil Presiden KH. Ma`ruf Amin yang hadir di lokasi turut memberikan nasihat pernikahan untuk kedua mempelai. Wapres yang hadir bersama istri Wury Estu Handayani ini berpesan agar mempelai menjaga rumah tangga yang baik.

“Alhamdulillah baru saja kita saksikan pernikahan kedua anak kita Ananda Kaesang Pangarep dan Ananda Erina Sofia Gudono mudah-mudahan kedua mempelai ini diberkati oleh Allah SWT,” kata Wapres dalam sambutannya.

Wapres mengatakan, perkawinan adalah tuntunan agama dan merupakan Sunnah Rasul. Karena itu, Rasulullah mengatakan pernikahan itu sunnah Rasul, siapa yang tidak suka dengan sunnah Rasul dia tidak bukan dari golongan Rasul.

Masyarakat itu akan baik, manakala rumah tangganya baik. Dan kalau rumah tangga tidak baik masyarakat juga tidak akan baik. Karena itu peran atau fungsi rumah tangga menjadi sangat penting di dalam kehidupan masyarakat,” tutup Wapres.

Setelah prosesi akad, Kaesang dan Erina akan menggelar tasyakuran atau resepsi di Pura Mangkunegaraan, Surakarta, pada Minggu (11/12) malam. Total ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan menghadiri acara tasyakuran Kaesang-Erina.

Sejumlah menteri dan pejabat negara yang hadir dalam akad ini yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman. [vin/ts/wap]

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: