07 Nov 2011
  Humas Berita,

Sri Sultan HB X Lantik Drs. H.Ichsanuri Sebagai Sekda Provinsi DIY

Sri Sultan HB X Lantik Drs.H.Ichsanuri Sebagai Sekda Provinsi DIY Yang Baru

 

Drs.H.Icshanuri. sebagai Sekda Provinsi DIY yang baru serta  5 pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi DIYKepatihan,Yogyakarta (7/11/2011)pemda-diy.go.id. Menduduki suatu jabatan berarti amanah. Dalam menjalankannya perlu komitmen dan kemauan untuk belajar, agar amanah itu bisa terwujud. Dengan belajar, diharapkan hadirnya living organization, sebuah organisasi birokrasi yang tidak sekedar hadir, tetapi memiliki makna bagi masyarakat.

Harapan demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ketika melantik Drs.H.Icshanuri. sebagai Sekda Provinsi DIY yang baru serta 5 pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi DIY siang tadi(Senin,7/11) di Bangsal Kepatihan,Yogyakarta yang dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, jajaran Pimpinan DPRD DIY dan Muspida di Provinsi DIY lainnya.

Sebagai dasar pengangkatan Drs.Ichsanuri menjadi Sekda Provinsi DIY menggantikan Tri Harjun Ismaji yang telah pensiun adalah Keputusan Presiden (Kepres) nomor 152/M/2011 tertanggal 13 Oktober 2011. Sedangkan lima pejabat lain dilantik untuk menduduki jabatan eselon II B berdasarkan keputusan Gubernur DIY nomor 487/pem/D/UP/D.4 tertanggal 4 November 2011.

Adapun 5 (lima) Pejabat Eselon II B di Lingkungan Pemerintah Provinsi DIY yang dilantik tersebut antara lain :Ir.Dradjad Ruswandono.MT yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Administrasi Perekonomian Setda Provinsi DIY dilantik menjadi Kepala Badan Pengendalian dan Analisis Dampak Lingkungan (Bapedalda) Provinsi DIY.mengganti Dra.Harunowati yang pensiun. R. Agus Supriyanto.SH.M.Hum. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak kabupaten Sleman dilantik menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY menggantikan Sudibyo.SH yang memasuki masa pensiun. Drs.GBPH. Yudhaningrat.MM dilantik sebagai Kepala Dinas Kebudayaan DIY menggantikan Djoko Dwiyanto. Yang memasuki masa pensiun. Ir.Djoko Wuryantoro.Msi dilantik menjadi Kepala Biro Adminstrasi Pembangunan, menggantikan Ir.Surad Djumadal yang memasuki masa pensiun dan Ir.Retno Setyowati.MS dilantik sebagai Kepala Biro administrasi Perekonomian Setda Provinsi DIY yang ditiunggalkan Ir.Drajad Ruswandono.MT yang dilantik menjadi Kepala Bapedalda DIY.

Lebih lanjut Gubernur DIY Hamengku Buwono X menyatakan bahwa peran seorang Sekda sangat sentral, karena berkewajiban memimpin Sekretariat Daerah, serta membantu Gubernur menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja dengan aparatur di jenjang bawah. Oleh karena itu pengisian jabatan Sekda dilakukan dengan pronsip kehati-hatian dan harus memiliki akuntabilitas public. Dalam menetapkan krikeria rekrutment Sekda, Sultan menekankan perlunya proses penelitian track record calon berdasarkan tiga tipe referensi: karakter, pekerjaan dan pendidikan, apakah kualitasnya cocok dengan spesifikasi dan diskripsi jabatan seorang Sekda.

Untuk itu lebih lanjut Gubernur DIY menetegaskan bahwa seorang Sekda harus mampu mengelola waktu dan kegiatan pribadi, memecahkan kegiatan yang kompleks ke dalam tugas-tugas terkelola, mengidentifikasi hambatan untuk mencapai sasaran, memperkirakan skala sumberdaya dan waktu yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut. Dengan achievement drive itu seorang Sekda harus proaktif mengidentivikasi bidang-bidang yang bernilai tambah, memenuhi tugas dengan tepat waktu, dana dan mutu.

Sementara itu terkait dengan adanya perubahan struktur Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gubernur DIY mengingatkan kepada para pejabat terkait untuk perlunya diikuti dengan penyesuaian kebijakan dan sinergi program antara Dinas Kebudayaan dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga.

Khusus untuk Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY Gubernur DIY Sri Sultan hamengku Buwono X berpesan, bertolak dari kesepakatan bersama Wakil Menteri Pendidikan bidang Kebudayaan yang lalu, agar segera menyiapkan konsep dan implementasi Pendidikan Berbasis Budaya. Sedangkan terkait dengan Konggres Bahasa Jawa ke-5 pada tanggal 27 s/d 30 November mendatang, Sultan berharap agar segera menyiapkan materi dan laporan pembinaan dan pengembangan bahasa, sastra dan budaya Jawa selama ini.

Mengakhiri sambutannya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk segera meningkatkan kinerja birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat melalui pengabdian dan penugasan yang baru ini.

Pelantikan selain ditandai dengan pengucapan janji dan sumpah jabatan juga ditandai dengan penandatanganan beria acara sumpah disakasikan Gubernur DIY dan undangan serta menerima ucapan selamat.(Kar)

HUMAS Ro UHP.Provinsi DIY

Bagaimana kualitas berita ini: