02 Mar 2023
  Humas DIY Pemda DIY,

Sri Sultan Imbau PDAB Tirtatama DIY Perluas Pasar

Yogyakarta (02/03/2023) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Direktur Utama PDAB Tirtatama DIY, Teddy Kustriyanto Widodo bersama rombongan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (01/03). Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk membahas kinerja PDAB Tirtatama selama dua tahun, yaitu tahun 2021 sampai 2022.

Teddy menjelaskan jika Sri Sultan memberikan arahan agar bisa melakukan operasional secara efisien, kemudian juga memperbesar pasar dengan beberapa langkah. “Seperti misalkan tetap berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota untuk bisa memberikan dana pinjaman di masing-masing Kabupaten/Kota agar bisa untuk memperpanjang hilirnya. Kalau hilirnya cukup panjang berarti penerapannya bisa meningkat itu yang kami terima,” terang Teddy.

Selain itu juga dibahas mengenai Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kamijoro di Yogyakarta. Tujuan dibangunnya SPAM Kamijoro adalah untuk memberikan fasilitas air bagi masyarakat di Kabupaten Bantul, Kulon Progo serta Yogyakarta International Airport. “Beberapa hal terkait dengan rencana-rencana untuk di Kamijoro yang berproses, intinya pelajaran yang kami dapatkan hari ini jangan sampai terulang penyerapan yang cukup lambat (di kamijoro),” ungkap Teddy.

Sebagai informasi PDAB Tirtatama DIY dibentuk pertengahan tahun 2020 dan memiliki tujuan untuk mencukupi kebutuhan air bersih, baik domestik maupun industri serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih di DIY.  Pembentukan perusahaan tersebut tertuang dalam Perda DIY Nomor 5 Tahun 2020 tertanggal 27 Juli 2020. PDAB Tirtatama DIY mengelola SPAM Regional DIY yang berada di Bantar, Klangon, Sedayu, Bantul. Mengolah dan memproduksi air dari Sungai Progo hingga menjadi air bersih. Selanjutnya, air bersih tersebut didistribusikan kepada PDAM Bantul, PDAM Sleman, PDAM Kota Yogyakarta. Kemudian, olah tiga PDAM tersebut didistribusikan kepada para pelanggannya. (Wd/Dvd)

Bagaimana kualitas berita ini: