29 Jan 2024

Sri Sultan Sanggupi Hadir pada Harlah NU

Yogyakarta (29/01/2024) jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyanggupi untuk ikut hadir pada peringatan Hari Lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-101 yang akan diadakan di DIY. Harlah NU ke-101 rencananya akan di adakah di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta pada 31 Januari 2024 mendatang.

Kehadiran Sri Sultan pada Harlah NU ke-101 ini dinyatakan langsung oleh Sri Sultan dalam pertemuan bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Senin (29/01). “Saya dapat undangan besok hari Rabu, untuk hadir. Ada dua undangan, untuk peresmian (gedung) dan Harlah, di mana Bapak Presiden (RI) juga hadir,” kata Sri Sultan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staqouf mengatakan, kedatangannya bersama jajaran PBNU kali ini bertujuan untuk sowan kepada Gubernur DIY sekaligus mengundang secara langsung dalam peringatan Harlah NU ke-101. Selain itu, akan dilakukan pula peresmian gedung UNU dan sebagai penanda dimulainya pembangunan gedung yang baru di atas lahan yang merupakan pemberian bantuan dari Sri Sultan.

“Kami tentu berterima kasih atas lahan yang diberikan oleh Ngarsa Dalem untuk UNU. Dan alhamdulillah sekarang di UNU kegiatan studi sudah berjalan dengan baik. Dan kita harapkan UNU Yogyakarta di masa depan akan menjadi semacam percontohan bagi jaringan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Gus Yahya, sapaan akrabnya, juga menegaskan, PBNU sebagai organisasi atau lembaga akan menjalankan fungsi dan perannya dengan ikut meniru Sri Sultan Hamengku Buwono X di tengah suasana perpolitikan saat ini. PBNU hingga saat ini selalu berupaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“PBNU sejak awal telah menyatakan bahwa kami tidak terlibat dalam dukung mendukung. Kami akan berupaya menjalankan peran meniru Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X, menjaga kebersamaan masyarakat,” imbuhnya. (Rt/Alh/Th)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: