22 Jul 2022
  Humas DIY Berita,

Sri Sultan Terima Audiensi Pansus Penetapan Gubernur dan Wagub DIY 2022-2027

Yogyakarta, (22/07/2022) jogjaprov.go.id – Saat ini proses tahapan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY telah sampai pada proses verifikasi dokumen administrasi persyaratan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY oleh Panitia Khusus (Pansus) Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Masa Jabatan 2022-2027.

Sri Sultan Hamengku Buwono X, didampingi Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, GKR Condrokirono, menerima audiensi Pansus, pada Jumat (22/07) di Ndalem Kilen, Keraton Yogyakarta. Rombongan dari Pansus dipimpin oleh Huda Tri Yudiana dan Anton Prabu Semendawai, Wakil Ketua DPRD DIY.

Pada kesempatan ini, Huda menjelaskan tujuan kunjungan kerja kepada Sri Sultan, yang pertama adalah dalam rangka silaturahmi dan melaporkan hasil verifikasi dokumen administrasi persyaratan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 yang telah diterima pada (18/07) dan telah dirapatkan oleh Pansus pada (19/07), Pansus menyatakan semua dokumen administrasi persyaratan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY sudah lengkap.

Kedua, setelah proses verifikasi dokumen administrasi maka langkah selanjutnya adalah melaporkan kepada Pimpinan Dewan, 26-28 Juli. Kemudian berikutnya penyampaian hasil verifikasi dokumen dan berita acara yang akan dilakukan dalam rapat paripurna DPRD DIY dengan agenda visi, misi calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, pada (08/08). Setelah itu, seluruh dokumen dan usulan pengesahan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur akan dikirimkan kepada Presiden RI pada (09/08) yang terlebih dahulu mendapatkan tanggapan fraksi-fraksi terhadap paparan visi, misi, serta program calon Gubernur.

“Harapan kami, tanggal 9 Agustus seluruh proses di DPRD DIY sudah selesai kami lakukan dan kemudian tinggal menunggu bagaimana Pemerintah Pusat dalam hal ini Bapak Presiden RI, bisa melakukan pelantikan tepat waktu pada tanggal 10 Oktober mendatang,” ucapnya.

Pada audiensi ini, Sri Sultan mengucapkan terima kasih kepada Pansus dan berharap semoga pelantikan pada tanggal 10 Oktober mendatang dapat berjalan lancar, demikian juga semua proses sampai dengan hari H (10/10).

Usai melakukan audiensi dengan Sri Sultan, Pansus melanjutkan audiensi dengan Sri Paduka Paku Alam. Rombongan diterima langsung oleh KGPAA Paku Alam X didampingi oleh GPH Wijoyo Harimurti dan BPH Kusumo Bimantoro, di ruang Parang Karso, Puro Pakualaman.

Sementara usai audiensi dengan Sri Paduka, Anton menyampaikan tanggapan yang sama dari Sri Paduka, bahwa Sri Paduka mengucapkan terima kasih kepada Pansus dan berharap semoga semua proses berjalan dengan lancar. “Kanjeng Gusti juga berpesan semoga pelantikan nanti bisa berjalan dengan lancar, tidak ada kendala,” ucapnya. Selain itu, Anton juga menjelaskan, sesuai Undang-Undang, Pansus pada hari ini berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman adalah untuk memastikan, mengecek calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY serta kedudukan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Turut serta dalam rombongan audiensi; Pimpinan dan Anggota Pansus BA 17 Tahun 2022, Perwakilan Fraksi-Fraksi, Sekretaris DPRD DIY, Kepala Biro Tapem, Biro Hukum, Biro UHP Setda DIY. (fk/sd/jhn)

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: