22 Des 2011
  Humas Berita,

Stok BBM dan Beras Dijamin Aman

 

Stok BBM dan Beras Dijamin Aman

 

Amankan Natal Tahun Baru Polri Siapkan 1.250 Personil Ditambah 2.378 Personil Pamswakarsa

KEPATIHAN YOGYAKARTA (21/12/2011) pemda-diy.go.id
Untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2012 sebentar lagi Polda DIY menggelar Operasi Lilin Progo dan menyiapkan 1.250 personil, ditambah 2.378 personil potensi masyarakat (Pamswakarsa) utamanya dari pihak pengurus Gereja. Selain itu Polda DIY juga melibatkan unsur dari pemerintah seperti Dishub Kominfo, Sat Pol PP serta TNI.

Kenapa kita banyak melibatkan personil, karena kalau dari rencana Operasi Lilin Progo itu kita akan mengamankan lokasi Gereja baik yang besar maupun yang kecil-kecil, berbagai lokasi obyek wisata, tempat belanja dan tempat-tempat pergantian tahun, kata Karo Ops Polda DIY Kombes Pol Sukamso, di Gedhong Pracimosono, Kepatihan Yogyakarta, Rabu (21/12).

Menurutnya, Gereja besar maupun kecil yang menjadi fokus sasaran pengamanan sebanyak 337 Gereja, obyek wisata 48 lokasi, tempat belanja besar 37 buah dan tempat-tempat acara pergantian tahun ada 22 lokasi. Ini yang utama menjadi sasaran kegiatan pengamanan, terang Sukamso.

Kepala Dishubkominfo Cipto Haribowo mengatakan, sehubungan dengan perayaan Sekatenyang rencananya akan dibuka 28 Desember mendatang, perhatian akan terfokus di Malioboro, sebab Alun-alun Utara sudah tidak mungkin lagi digunakan sebagai tempat parkir. Bisa dibayangkan betapa macetnya Malioboro nanti, katanya.

Berkaitan dengan itu lanjut Cipto, beberapa tempat bisa dipakai untuk parkir seperti di jalan Mataram, taman parkir Ngabean, taman parkir Abu Bakar Ali, jalan Senopati, Ndagen atau bahkan di Stadion Mandala Krida. Pihaknya bekerjasama dengan Polri akan melakukan buka tutup jalan Malioboro, kendati tetap akan kesulitan mengarahkan kendaraan untuk parkir di suatu tempat yang sudah ditentukan.

Ini yang paling sulit mengarahkan kendaraan itu untuk parkir di suatu tempat itu. Nanti dari temen-temen Polri akan melakukan buka tutup jalan. Jadi kalau Malioboro penuh di tutup dan diarahkan ke arah luar kota, nanti kalau sudah senggang boleh masuk lagi, tandas Cipto.

Untuk memperlancar arus lalu-lintas lanjutnya, bus Trans Jogja tetap beroperasi seperti biasa dan tidak akan menambah armada bus baru. Penambahan bus baru akan dilakukan jika keadaan sudah sangat mendesak. Pengoperasian 20 bus baru Trans Jogja dilakukan jika keadaan sangat mendesak, ujarnya.

Sementara untuk stok BBM dan beras, pihak Pertamina dan Bulog menjamin aman. Pihak Pertamina pada perayaan Natal Tahun Baru 2012 mengambil ancang-ancang menaikkan stok berbagai BBM antara 5 hingga 20%.

Pertamina sudah melakukan kesiapan persiapan menghadapi Natal Tahun Baru. Kali ini kita mengambil ancang-ancang agar tidak meleset, stok premium kita naikkan 10%, solar 5%, pertamax kita naikkan 20%. Untuk pertamina deks (solar non subsidi kualitas bagus) stok kita naikkan 20%, pertamax plus juga 20%. Tapi khusus untuk pertamina deks, pertamax dan pertamax plus, berapapun permintaan akan kita layani, terang Sales Area Manajer Pertamina Yogyakarta Rustam W Marlan.

Ia juga menjamin stok di depot maupun di SPBU juga aman. Untuk itu semua SPBU mulai H-7 (tanggal 22 sampai akhir Desember) diminta membangun stok.

Kepala Divisi Perum Bulog DIY Darson Imam Y menegaskan, saat ini stok beras yang dikuasai Bulog DIY sekitar 7.104 ton dan diperkirakan cukup untuk dua bulan ke depan. Kebetulan sekarang ini kita melaksanakan pendistribusian beras miskin (raskin) ke-13, disamping untuk membantu masyarakat yang kurang mampu supaya bisa memenuhi kebutuhannya, sekaligus juga akan meredam laju kenaikkan harga, ujar Darson. (rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: