19 Apr 2022
  Humas DIY Berita,

Stok Ketersediaan Melimpah di Kabupaten Bantul

Yogyakarta (19/04/2022) jogjaprov.go.id – Di hari kedua pada Selasa (19/04), Tim Pengendali Inflasi Daerah DIY melanjutkan pantauannya ke Kabupaten Bantul untuk memantau secara langsung ketersediaan stok bahan makanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Dalam kesempatan tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Tri Saktiyana beserta tim meluncur ke kediaman Sulaiman di Dusun Wonokromo Kapanewon Pleret Kab. Bantul, seorang distributor bawang merah maupun putih serta berbagai bumbu.


"Dalam kesempatan tersebut terpantau jelas adanya bawang merah maupun putih, merica, kemiri tumbar maupun kacang tanah tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran," jelas Tri Saktiyana.


Menurut Sulaiman distribusi baik bawang merah dan putih serta berbagai bumbu antara lain merica, kemiri juga lancar. Tidak ada kenaikan harga yang signifikan walaupun dengan kondisi pandemi namun tidak mengalami kendala, semuanya lancar. Saat ini stok melimpah sehingga harga stabil cenderung turun, tandasnya.


Harga bawang kating masuk ke pasar berkisar dengan harga Rp.33.000, sedangkan bawang cinco seharga Rp. 21.000 per kilonya. Sedangkan bawang merah seharga Rp. 25.000 per kilonya sampai dengan Rp. 22.000 tergantung besar kecilnya.


Dijelaskan oleh Sulaiman bahwa, bawang merah berasal dari daerah sekitar maupun dari daerah lain seperti Brebes dan Jawa Timur maupun Kulon Progo. Sedangkan barang yang ada dipasarkan samapai dengan Kotagede, Imogiri maupun di daerah lain Kabupaten Bantul sendiri.

Adapun harga kemiri berkisar Rp. 36.000, merica Rp. 84.000, kacang tanah Rp. 25.000 dan ketumbar seharga Rp. 21.000 masing-masing per kilonya.


Hadir dalam kegiatan tersebut TPID Kabupaten Bantul, Staf Ahli Bupati Bantul, Yos beserta Kepala Bagian Perekonomian Fatoni beserta jajarannya. (teb)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: