28 Jun 2012
  Humas Berita,

Sultan HB X Terima Parlemen Inggris

Sultan HB X Terima Parlemen Inggris

 

Sultan Ucapkan Selamat Ulang Tahun Ke 60 Pada Ratu Elisabeth

KEPATIHAN,JOGJA (28/06/2012) pemda-diy.go.id.
Sultan Hamengku Buwono X Raja Ngayogyakarta Hadiningrat yang juga Gubernur DIY siang tadi (Kamis,28/06) menerima rombongan Delegasi Parlemen Inggris yang dipimpin oleh Hon Anne MC Guire bersama 6 orang anggota parlemen lainnya.

Menurut pimpinan Rombongan Delegasi Parlemen Inggris Hon Anne MC Guire yang berasal dari Partai Buruh Inggris tersebut ke Yogyakarta selain bertujuan melakukan kunjungan kehormatan kepada Raja yang juga Gubernur DIY Sri Sultan HB X juga dalam rangka ingin mengetahui dari dekat kondisi budaya Yogyakarta secara langsung dimana Yogyakarta mempunyai kesamaan seperti halnya Inggris yang sama-sama mempunyai sejarah panjang.

Adapun secara lengkap delegasi Parlemen Inggris yang berjumlah 7 orang tersebut adalah Hon Anne Mc Guire selaku ketua dari Partai buruh jabatan kesehariannya wakil ketua Group Parlemen Inggris- Indonesia, Alen Cairms, Hon Jhon Speller, Andrew Stephenson, Lord Ahmed of Wimbledon, Lord Williams of Baglan dan Charlie Holloway.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam dialog dengan tamunya selain mengucapkan selamat datang di Yogyakarta juga menjelaskan sejarah Provinsi DIY sebelum bergabungnya DIY ke dalam NKRI serta kondisi terkini DIY saat ini.

Sultan kepada delegasi parlemen juga sepintas menjelaskan ketatanegaraan RI yang menganut Demokrasi dimana dalam Negara RI yang terbagi dalam 33 Provinsi ada beberapa daerah /provinsi yang mempunyai keistimewaan dan kehususan sesuai dengan daerahnya. Dia mencontohkan seperti Provinsi DKI Jakarta menjadi Daerah khusus karena selain provinsi juga sekaligus menjadi Ibukota RI, Provinsi Aceh menjadi Daerah Istimewa Aceh karena daerah tersebut menerapkan hukum Islam dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadi Istimewan karena yang menjadi Kepala daerah adalah yang bertahta di Kraton Yogyakarta yaitu Sri Sultan hamengku Buwono dan wakil kepala daerah dijabat dari raja Puro Pakualaman yang juga bertahta di Puro Pakualaman yaitu Paku Alam .

Gubernur DIY dalam mengakhiri dialognya dengan delegasi Parlemen Inggris juga menyampaikan Pesan kepada Ratu Elisabeth mengucapkan Selamat Ulang Tahunnya yang ke 60 tahun dilantiknya menjadi Ratu Inggris serta mendokaan tetap panjang umur.

Seusai bertemu dengan Sultan Delegasi Parlemen Inggris selama 2 hari di Yogyakarta selaian akan berkunjung ke UGM juga akan menyaksikan Sendratari Ramayana di Prambanan, mengunjungi Borobudur dan bertemu DPRD Provinsi Jawa Tengah di Semarang dan kemudian kembali ke Jakarta.

Pertemuan Sultan dengan delegasi parlemen Inggris diakhiri dengan tukar menukar cinderama. (kar/rsd)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: