17 Sep 2013
  Humas Berita,

Sultan Resmikan Gedung Kantor Disbud DIY

Sultan Resmikan Gedung Kantor Disbud DIY

 

YOGYAKARTA (17/09) Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sultan meresmikan Gedung Kantor Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, yang terletak di Jalan Cendana 11 Yogyakarta, Selasa (17/09). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Sultan dan pengguntingan buntal oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs.GBPH.H. Yudaningrat, MM.

 

Dalam sambutan peresmiannya Sultan mengemukakan, Yogyakarta memiliki budaya gotongroyong, tepo saliro dan banyak karya susastra tinggi yang menjadikan Yogyakarta memiliki budaya adiluhung. Budaya tinggi tersebut hendaknya di upgrade menjadi budaya unggul yang berdaya saing dalam kancah persaingan budaya global. Sementara transformasi kultural yang diperlukan adalah memahami nilai dasar keunggulan global yaitu, adanya saling percaya dan kultur manajemen.

 

Keberadaan gedung kantorDisbud DIY yang baru dan cukup megah dengan penuh ornamen Jawa ini tandasnya, diharapkan harus bisa mendukung masyarakat Yogyakarta. Dalam kebudayaan juga harus bisa memangku penetrasi budaya global agar ketahanan budaya bangsa tetap terjaga.

 

Budaya adalah strategi untuk bertahan hidup, Sehingga pelestarian dan transformasi budaya ke arah yang adilihung harus bisa terlaksana, ungkap Sultan.

 

Sultan berharap, gedung kantor baru ini dapat dimanfaatkan oleh seniman dan pelaku budaya di Yogyakarta secara maksimal.

 

Pembangunan kantor gedung Disbud DIY diselesaikan dalam tiga tahap dari Tahun Anggaran 2010 hingga 2012, serta dilengkapi pendopo dan auditorium sebagai fasilitasi Disbud untuk mmberi ruang seni bagi seniman dan budayawan.

 

Peresmian diwarnai berbagai penampilan tari Tari Golong Gilig ing Sedyo yang ditarikan 12 penari muda dan Tari Gebyar Batik ditarikan oleh 4 penari dari komunitas pecinta batik. (rsd)

 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: