10 Feb 2012
  Humas Berita,

Sultan Resmikan Kantor Perwakilan Konsulat Republik Ceko

Sultan Resmikan Kantor Perwakilan Konsulat Republik Ceko

YOGYAKARTA (10/02/2012) pemda-diy.go.id Pemerintah Republik Ceko membuka kantor perwakilan Konsulatdi Yogyakarta. Kantor perwakilan Konsulat yang berlokasi di Royal Ambaraukmo Hotel Yogyakarta tersebut diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sebuah acaraspecial dinner business gathering, Kamis (09/02) malam, disaksikan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Tomas Smetanka dan Konsul Kehormatan Republik Ceko untuk Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Hermawan Kartajaya.

Pembukaan kantor perwakilan Konsulat ini merupakan bagian dari upaya mempermudah komunikasi dan diplomasi ekonomi dan sektor-sektor lain antara Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kota Yogyakarta dengan Republik Ceko, Sedang keputusan membuka kantor di Yogyakarta ini merupakan hasil studi, telaah dan observasi yang cukup lama dan mendalam terhadap dinamika dan pasang surut hubungan dua negara (Indonesia Ceko).

Hasil telaah iklim bisnis dianggap menjanjikan dan Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang sangat besar pembangunannya sekaligus menawarkan banyak peluang bisnis dalam berbagai sektor, ungkap Dubes Tomas Smetanka.

Sultan menjelaskan,dibukanya kantor perwakilan Konsulat Republik Ceko tersebut sebenarnyamerupakan bentuk lanjutan dari Honnorary Consul pemerintah Ceko yang pernah didirikan untuk Jawa - Bali. Kantor ini nantinya dapat diakses oleh masyarakat untuk informasi mengenai pendidikan, sejarah, kebudayaan dan tradisinya serta segala hal yang terkait yang bisa mendekatkan hubungan antar rakyat kedua negara. Hubungan persahabatan antar negara tersebut diharapkan tidak hanya antar pemerintah tetapi juga antar warga masyarakat, sehingga bisa terbangun pemahaman yang lebih baik.

Hanya dengan itu yang namanya persahabatan akan saling menghargai dan langgeng, tandas Sultan.

Sementara sebelum meresmikan kantor perwakilan Konsulat Republik Ceko, Kamis (09/02) siang di Gedhong Wilis Kepatihan Yogyakarta, Sultan telah menerima kunjungan Dubes Ceko Tomas Smetanka. Tidak ada pembicaraan khusus dalam kunjungan tersebut. Kunjungan Dubes hanya sekedar mampir untuk silaturahmi dan meminta kesediaan Sultan meresmikan kantor perwakilan Konsulat Republik Ceko. (rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: