22 Jun 2018
  Humas Berita,

SMC Jepang Siap Terima Peserta Magang

Yogyakarta (22/06/2018) jogjaprov.go.id – Suruga Miyagawa Company (SMC) Jepang melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono  X yang didampingi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi di Gedhong Wilis, Kepatihan, Jumat (22/6).  Pertemuan membahas kerjasama terkait pemberangkatan tenaga kerja dari DIY ke Jepang.

Pihak SMC menyampaikan siap menerima peserta magang sehingga diharapkan pihak terkait dari DIY segera mempersiapkannya. Pemberangkatan rencananya dilaksanakan Desember 2018 untuk tenaga kerja bidang perawat lanjut usia.

Kerjasama yang dilakukan tidak hanya pengiriman tenaga kerja pada bidang perawat lansia saja.  Untuk bidang-bidang lain juga dibuka kesempatan.  “Bidang kerjanya seperti restoran, konstruksi dan lain-lain,” ujar Marwanto selaku staf SMC Cabang Yogyakarta.

Berkaitan dengan hal tersebut, Gubernur menyambut baik. “Harapannya ini menjadi salah satu kesempatan bagi warga DIY untuk mendapatkan pengalaman di Jepang sehingga ke depannya ketika pulang kembali ke Indonesia bisa lebih mandiri dan bahkan bisa menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Pertemuan juga dihadiri beberapa perwakilan perusahaan Jepang dan Nihon University.  “Pihak perusahaan di Jepang menyebut warga Jogja yang tinggal dan bekerja di sana memiliki sikap yang baik.  Makanya mereka menginginkan lagi kiriman tenaga kerja dari Yogyakarta,” katanya. 

Nihon University pada pertemuan tersebut menyampaikan rencana untuk melakukan kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada pada bidang penddikan.  Untuk itu setelah dari Gedhong Wilis kunjungan akan dilanjutkan ke UGM Bulaksumur.  (Tr)

Humas DIY

Bagaimana kualitas berita ini: